Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Memasuki Musim Hujan, Daihatsu Beri 5 Tips Aman Berkendara Mobil Matik Saat Hadapi Banjir

Muslimin Trisyuliono - Rabu, 10 Februari 2021 | 15:11 WIB
Berkendara mobil matik saat musim hujan dan menghadapi genangan air tinggi.
Istimewa
Berkendara mobil matik saat musim hujan dan menghadapi genangan air tinggi.

GridOto.com - Intensitas hujan yang tinggi di sebagian besar wilayah di Indonesia membuat beberapa ruas jalan berpotensi banjir.

Hal ini membuat semua orang lebih waspada, termasuk sobat yang sedang berkendara karena kesibukan atau urusan mendesak, sehingga terpaksa melewati genangan air atau menerobos banjir.

"Ketika memang terpaksa harus berkendara pada kondisi banjir sahabat dapat memastikan kondisi kendaraannya agar selalu dalam kondisi prima dengan melakukan servis rutin di bengkel resmi Daihatsu terdekat," ujar Bambang Supriyadi selaku Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatu Motor (ADM).

Bambang menjelaskan pada kondisi ini, Daihatsu memberikan 5 tips cara aman menggunakan mobil matik ketika akan berkendara maupun setelah berkendara di tengah banjir.

Menurutnya hal pertama yang harus diperhatikan yakni pastikan saluran masuk udara (air inlet) tidak terendam banjir.

Pasalnya jika saluran masuk udara terendam banjir bisa menyebabkan mesin mobil menjadi rusak, oleh sebab itu pastikan ketinggian genangan air tidak lebih dari setengah roda.

"Jika saluran masuk udara ini sampai terendam maka dapat membuat terjadinya water hammer, kondisi dimana air dapat masuk pada ruang bakar. Jangan memaksakan diri melewati jalan yang genangan airnya tinggi," katanya melalui keterangan resmi yang diterima GridOto.com, Selasa (09/02/2021).

Kedua, gunakan gir paling rendah 1 atau L, hal ini bertujuan agar kecepatan mobil lebih stabil dan putaran mesin akan lebih bertahan.

 

 

 

Editor : Eka Budhiansyah

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa