Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pakar Safety Soroti Sanksi Truk ODOL Yang Belum Maksimal, Kalau Mobil Penumpang Overload Bagaimana?

Harun Rasyid - Minggu, 31 Januari 2021 | 21:12 WIB
Ilustrasi truk pelaku ODOL terjaring razia
Tribun Jabar/ Hilman Kamaludin
Ilustrasi truk pelaku ODOL terjaring razia

GridOto.com - Pemerintah menargetkan jalanan akan bebas praktik kendaraan Over Dimension dan Over Load (ODOL) di tahun 2023.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sendiri telah menegaskan kalau kendaraan yang melakukan praktik ODOL akan dikenakan denda hingga puluhan juta rupiah.

Hal ini berdasarkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 277 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), yang mengancam para pelaku yang menjalankan kendaraan tidak sesuai ketentuan akan dipidana maksimum 1 tahun penjara atau denda maksimal Rp 24 juta.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) mengatakan, sanksi praktik ODOL dianggap kurang memberi efek jera kepada para pelakunya.

Baca Juga: Kemenhub Larang Truk Gunakan Fasilitas Penyeberangan, Kok Bisa?

"Denda yang dibebankan kepada kendaraan terutama truk ODOL itu relatif kecil dan pidananya pun ringan dibanding efek yang akan ditimbulkan," ujarnya saat dihubungi GridOto.com, Minggu (31/1/2021).

Menurut Sony, penegakkan sanksi kendaraan ODOL juga masih bisa disalahgunakan di lapangan.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi kembali melakukan pemotongan Truk dengan muatan Over Dimension Over Loading (ODOL)
Kemenhub
Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi kembali melakukan pemotongan Truk dengan muatan Over Dimension Over Loading (ODOL)


"Kemarin sempat viral aparat yang dipermainkan driver ODOL. Ini gila menurut saya karena dalam bahasa pelaku, mereka lebih baik bayar denda tilang Rp 500 ribu atau lebih daripada sewa truk lagi dengan biaya lebih besar," sebutnya.

Baca Juga: Siap-Siap! Kemenhub Bakal Lebih Galak Lagi dengan Truk ODOL

Editor : Eka Budhiansyah

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa