Wuih, 90 Persen Penjualan Suzuki Sepanjang 2020 Merupakan Produk Buatan Lokal

Wisnu Andebar - Kamis, 14 Januari 2021 | 13:50 WIB
Suzuki New Carry Pick Up
Istimewa
Suzuki New Carry Pick Up

GridOto.com - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menyebutkan bahwa produk buatan dalam negeri yang diproduksi di Cikarang dan Tambun, Jawa Barat mendominasi penjualan sepanjang 2020 kemarin.

Meski pasar kendaraan roda empat nasional pada 2020 kemarin turun sekitar 50 persen jika dibanding tahun sebelumnya, Suzuki mengklaim mampu bertahan cukup baik pada periode tersebut.

"Namun kami berhasil melewatinya dengan cukup baik berkat program-program yang fokus pada penjualan produk lokal, serta melakukan adaptasi operasional dealer selama pandemi Covid-19 dengan Suzuki Hygiene Commitment,” ujar Donny Saputra, 4W Marketing Director SIS dalam keterangan resmi yang diterima GridOto.com, Rabu (13/1/2021).

"Fokus pada pengembangan dan pemasaran produk lokal ini juga bertujuan untuk mendukung pemulihan industri otomotif dalam negeri," sambung pria yang akrab dipanggil Donny ini.

Baca Juga: OtoToys: Harga Suzuki Jimny Tembus Rp 400 Jutaan Bulan Januari 2021, Tapi Versi Diecastnya Ini Enggak Sampai Rp 200 Ribu!

Sepanjang Januari hingga Desember 2020, Suzuki mencatatkan angka wholesales (penjualan dari pabrik ke dealer) mobil baru sebanyak 65,9 persen dari penjualan 2019.

Sedangkan retail sales atau penjualan dari dealer ke konsumen, merek dengan logo 'S' tersebut meraih 70,4 persen dari penjualan tahun lalu.

Tampilan Suzuki XL7 dengan desain bodi yang gahar dan sporty.
Tampilan Suzuki XL7 dengan desain bodi yang gahar dan sporty.

Dari perolehan itu, kontribusi produk lokal Suzuki sepanjang 2020 mencapai 91,1 persen untuk wholesales dan 90,6 persen untuk retail sales.

Adapun mobil produksi lokal yang berkontribusi paling tinggi pada penjualan Suzuki di sepanjang tahun lalu adalah New Carry Pikap dan XL7.

 

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa