Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Dampak Covid-19, Beli Mobil Secara Online Akan Jadi Tren di 2021

Muhammad Mavellyno Vedhitya - Minggu, 12 April 2020 | 12:05 WIB
Ilustrasi membeli mobil
Toyota Astra
Ilustrasi membeli mobil

GridOto.com - Sepanjang 2020 lalu, seluruh dunia terkena dampak Covid-19. Akibatnya, banyak hal baru yang terpaksa dilakukan untuk dapat beradaptasi, dan termasuk cara orang menggunakan alat transportasi. 

Menjaga jarak, menggunakan masker, hingga membatasi aktivitas menjadi hal wajib selama virus ini masih menyebar.

Ipsos Group, sebuah perusahaan global market research dan konsultan yang berpusat di Paris, Perancis, melakukan penelitian setelah Covid-19 outbreak di China.

Mereka melakukan survei cepat pada akhir Februari 2020 dan meneliti bagaimana Covid-19 mempengaruhi kebiasaan masyarakat di China dalam bepergian.

Baca Juga: Punya Resolusi Beli Mobil di Tahun 2021? Wujudkan dengan Memanfaatkan Promo dari Mitsubishi

Data Ipsos mencatat, penggunaan transportasi umum menurun drastis karena kesadaran tiap individu untuk tetap melindungi diri dari penularan.

Di China, Jumlah penumpang bus disebut turun lebih dari 60 persen, begitu juga pada penumpang kereta api dan taksi online.

Sedangkan di Negara kita, khususnya Ibu Kota Jakarta, berdasarkan Datakata dan Dishub, penurunan penggunaan seluruh transportasi umum mencapai lebih dari 50 persen.

"Terjadi penurunan rata-rata jumlah penumpang harian angkutan umum perkotaan sebesar 22,83 persen, sedangkan angkutan umum antar kota antar provinsi (AKAP) menurun sekitar 43,85 persen," ungkap Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, dalam keterangan resminya kepada GridOto.com, Senin (11/1/2021).

Baca Juga: Sebelum Beli Mobil Bekas, Kenali Tanda Bekas Tabrakan di Video Ini

Disaat yang bersamaan, data Ipsos juga menunjukkan penggunaan mobil pribadi meningkat hampir dua kali lipat.

Hal itu terjadi karena mobil pribadi dianggap lebih aman serta terjaga dari penularan Covid-19.

Data lain yang mendukung peningkatan pengguna mobil pribadi juga tercatat oleh tempat jual beli mobil bekas online, Garasi.id.

Data internal Garasi.id mencatat, ada kenaikan transaksi hingga 89 persen selama masa pandemi di 2020.

Baca Juga: Beli Mobil Bekas Saat Musim Hujan? Segera Cek Kondisi Wiper!

Melanjutkan hasil survei Ipsos, masyarakat China yang belum memiliki mobil (sekitar 60 persen) menyebutkan akan segera membelinya dalam 6 bulan ke depan.

Sementara itu, sekitar 77 persen para calon pembeli mengatakan, memiliki mobil adalah salah satu cara terbaik untuk bisa terus beraktivitas tanpa terlalu khawatir tertular Covid-19. Ini bila dibandingkan terus menggunakan angkutan umum.

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa