Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Baru Beli Motor Matic Bekas? Begini Cara Benar Mengerem di Turunan

Isal - Senin, 4 Januari 2021 | 13:40 WIB
Kocok tuas rem agar rem tidak blong
YouTube.com/ Motor Plus
Kocok tuas rem agar rem tidak blong

GridOto.com - Buat kalian yang baru beli motor matic dari dealer ataupun motor matic matic bekas, ada tips nih buat mengerem di turunan biar motor enggak terlalu nyelonong atau kencang.

Buat yang baru bawa motor matic memang harus waspada, di jalan yang banyak turunan sering kali bikin pengendara yang baru menggunakan motor matic kurang percaya diri karena hilangnya engine brake.

Tapi enggak usah khawatir, pakar safety riding bagi tips mengenai teknik pengeremaan motor matic saat turunan agar bisa terus dibantu oleh engine brake dalam menahan laju motor.

"Saat melewati turunan naik motor matic, hindari menutup throttle gas terus menerus," buka Agus Sani, Head Of Safety Riding Promotion (SRP) Wahana Makmur Sejati (WMS) kepada GridOto.com pada Senin (04/01/2021).

Baca Juga: Awas Ngeblong Saat Turing, Begini Tanda Minyak Rem Harus Diganti!

"Soalnya, dapat menyebabkan kondisi motor menjadi nyelonong karena tidak ada engine brake, sepeti pakai gigi netral di turunan pada motor bebek dan motor sport," tambahnya.

Buat yang belum tahu, karakter mesin motor matic saat turunan dan kita menutup gas penuh dalam waktu yang lama akan membuat efek engine brake hilang.

Tandanya, suara mesin tidak meraung atau menjadi lebih halus, dan tentunya motor menjadi lebih melaju karena tidak adanya engine brake yang membantu menahan laju motor.

Kalau mengalami hal itu saat turunan, kalian bisa membuka kembali putaran gas dan kembali menutupnya untuk membuat engine brake kembali muncul.

Baca Juga: Bensin Motor Bebek Mulai Boros, Tandanya Harus Ganti Oli

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa