Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mitos Atau Fakta, Benarkah Oli Mesin Motor Bisa Kedaluwarsa?

Muhammad Farhan - Selasa, 22 Desember 2020 | 17:40 WIB
Ilustrasi aneka merek dan tipe oli mesin motor
Farhan
Ilustrasi aneka merek dan tipe oli mesin motor

GridOto.com – Mitos atau fakta, benarkah oli mesin motor yang terbuat dari base oli mineral atau sintetis dengan zat aditif bisa basi atau kedaluwarsa?

Pada kemasan botol oli mesin sendiri, umumnya memang hanya tercantum informasi berupa kode produksi yang menunjukkan kapan oli dikemas.

Menjawab persoalan ini, berikut adalah penjelasan salah satu bengkel spesialis oli mesin mengenai apakah oli bisa kedaluwarsa.

“Oli mesin motor tidak ada kedaluwarsanya, dengan catatan kemasan masih tersegel atau tersimpan dan diletakkan dalam kondisi baik,” buka Chandra, pemilik toko Sentra Otomotif, Jelambar, Jakarta Barat.

Baca Juga: Cegah Pelek Berkarat, Cairan Anti Bocor Perlu Diganti Berkala

Makanya dari produsen oli sendiri, tidak tercantum kapan sebaiknya oli tidak lagi dipakai atau informasi tanggal kedaluwarsa oli di kemasan.

“Supaya kondisi oli terjaga, penyimpanan oli tidak boleh terkena sinar Matahari langsung atau diletakkan di permukaan lantai,” jelasnya.

Perhatikan kode produksi untuk membedakkan oli Motul palsu dengan asli
Isal/GridOto.com
Perhatikan kode produksi untuk membedakkan oli Motul palsu dengan asli

Walaupun oli sudah dalam keadaan pernah dibuka, pastikan kemasan oli tertutup rapat untuk menghindari masuknya debu, air atau oksigen.

“Jika terkontaminasi oksigen, oli bisa rusak dengan ciri teksturnya yang berubah jadi kental dan lengket,” lengkap Chandra.

Baca Juga: Efek Biarkan Kampas Rem Depan Aus, Kantong Kempes Nyawa Jadi Taruhan!

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa