Mau Lewat Tol Cipali Saat Libur Tahun Baru? Dua Waktu Ini Diyakini Jadi Puncak Lonjakan Kendaraan yang Melintas, Awas Terjebak Macet!

Ditta Aditya Pratama - Senin, 14 Desember 2020 | 21:38 WIB
Kondisi GT Palimanan Tol Cipali pada hari pertama libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW.
Tribunjabar.id/Ahmad Imam Baehaqi
Kondisi GT Palimanan Tol Cipali pada hari pertama libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW.

GridOto.com - Pengelola Jalan Tol Cikampek-Palimanan (Cipali) memperkirakan akan ada dua gelombang lonjakan kendaraan yang melintas saat fase libur natal dan tahun baru 2021.

Buat yang hendak melewati Jalan Tol Cipali, perhatikan dua waktu ini agar tidak terjebak macet.

Direktur Operasi PT Lintas Marga Sedaya, Agung Prasetyo. Kepadatan kendaraan bakal terjadi saat libur natal dan tahun baru. 

"Kami prediksi kepadatan akan terjadi pada 21 Desember sampai 3 Januari 2021. Pertama itu dimulai pada 24 Desember dibandingkan 2019 naik 16,7 persen," katanya, Senin (14/12/2020). 

Gelombang kedua terjadi pada 31 Desember 2020 dan arus balik pada 3 Januari 2021. Namun, pada arus mudik tahun baru tidak akan setinggi libur natal.

Baca Juga: Proyek Tol Yogyakarta-Solo Mulai Dikerjakan, Lahan Sudah Dibebaskan Semua?

Kepala Bagian Transksi Tol Cipali, Dedy Purnaedy menambahkan situasi pandemi mempengaruhi kondisi lalu lintas di Tol Cipali. Namun, secara prediksi realisasinya 110 persen dari kondisi normal. 

"Sekarang kami prediksi sekitar 104 persen, sehingga ada penurunan dan kebijakan pemerintah yang merubah masa cuti bersamanya," katanya.

Dalam menghadapi libur natal dan tahun baru saat ini, Astra Tol Cipali memastikan kondisi jalur dan marka jalan ruas Tol Cipali dalam kondisi baik, sehingga semua jalur dapat dilalui dengan lancar, aman, dan nyaman.

"Kami tetap antisipasi jika terjadi lonjakan kendaraan dengan menyiapkan manajemen lalu lintas yang bersifat situasional, karena lonjakan arus kendaraan pada libur panjang kali ini diprediksi tak terlalu signifikan," ujarnya.


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa