Marak Penipuan Calo Pembuatan SIM Online, Simak Dulu Cara Bikin SIM di Sini

M. Adam Samudra - Kamis, 10 Desember 2020 | 13:17 WIB
Ilustrasi SMART SIM
Adam Samudra
Ilustrasi SMART SIM

GridOto.com - Tim Resmob Polda Kalimantan Selatan meringkus komplotan penipu bermodus jasa pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) secara online (daring). Kelompok ini disebut beromzet Rp 90 juta per bulan dari aksi kejahatannya.

Komplotan ini membuat akun media sosial Facebook bernama Algi Syaputra. Dari situ mereka menawarkan jasa pembuatan SIM di mana pemohonnya tanpa harus hadir ke Polres.

Menanggapi kasus tersebut, pihak kepolisian mengatakan sudah membentuk tim untuk melakukan penyisiran terhadap para pelaku penipuan pembuatan SIM online palsu.

"Iya kami sudah memiliki tim untuk mencari para pelaku penipuan SIM online di sosial media," kata Iptu Hermanto selaku Pamin TU Satpas SIM Daan Mogot kepada GridOto.com, Kamis (10/12/2020).

Baca Juga: Ada Libur Nasional Karena Pilkada, Bagaimana Dengan Pelayanan SIM? Ini Kata Polisi

Hermanto mengimbau agar masyarakat tidak mudah percaya terhadap iming-iming pembuatan SIM tanpa melakukan tes terlebih dahulu.

"Lebih baik masyarakat datang ke Satpas terdekat untuk membuat SIM secara langsung," pesannya.

Hermanto menambahkan, mengingat zaman yang saat ini sudah mengacu pada era digital, Kepolisian Republik Indonesia telah menyediakan layanan untuk masyarakat guna membuat SIM online, tak hanya membuat SIM, layanan tersebut juga dapat melakukan perpanjangannya melalui berbasis online ini.

Memang Anda diharuskan tetap datang ke kantor kepolisian guna melakukan ujian teori, praktik serta pengambilan kartu SIM.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Fendi
Sumber : GridOto.com

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa