Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Bedanya Balap Virtual Sim Racing dengan Video Game Balap Mobil Biasa

Muhammad Rizqi Pradana - Jumat, 20 November 2020 | 13:45 WIB
Meskipun sama-sama balap mobil virtual, ternyata balapan di simulator racing atau sim racing dengan balapan di video game biasa itu berbeda loh.
Studio-397.com
Meskipun sama-sama balap mobil virtual, ternyata balapan di simulator racing atau sim racing dengan balapan di video game biasa itu berbeda loh.

GridOto.com - Genre balap mobil bukanlah hal yang baru di dunia videogame, mengingat videogame dalam genre tersebut pertama kali muncul di dekade 70-an silam.

Maka dari itu, tidak heran apabila video game balap mobil kini memiliki banyak ‘turunan’ 

Salah satunya adalah simulator racing, atau biasa dikenal dengan nama ‘sim racing,’ yang popularitasnya melejit di kalangan awam selama pandemi Covid-19.

“Masih satu rumpun karena sim racing itu bagian dari video game balap mobil,” ujar Afrian Djafar, pengurus IMI Pusat bidang Digital Motorsport kepada GridOto.com, Kamis (19/11/2020).

Baca Juga: Jadi Pelampiasan Banyak Pembalap Selama ‘Libur’ Pandemi Covid-19, Apa Sih Sim Racing Itu?

Meskipun begitu, Afrian mengatakan bahwa balap mobil simulator racing dan balap mobil di video game tidak bisa disamakan.

“Seperti namanya, sim racing itu mensimulasikan balap mobil di dunia nyata ke dunia virtual,” ujar pria yang juga Manajer Umum  P1 Akademi Digital Motorsport Indonesia (ADMI) itu.

“Jadi seluruh aspek dari balap mobil seperti adanya sistem penalti yang diatur oleh steward, kode etik ketika berada di lintasan balap, dan sebagainya juga terdapat dalam sim racing,” imbuhnya.

Sedangkan, balap mobil di video game biasanya sudah mensimplifikasi aspek-aspek tersebut agar lebih mudah dimengerti oleh orang awam.

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa