Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+
Brandstory

Konten Ini Merupakan Kerjasama Gridoto Dengan Pertamina Enduro


Pertamina Enduro

Jangan Mudah Tertipu, Ini 4 Cara Jitu Membedakan Oli Asli dan Palsu

Nana Triana - Senin, 7 Desember 2020 | 22:00 WIB
oli motor.
Dok. Shutterstock
oli motor.

GridOto.com - Minat masyarakat Indonesia untuk memiliki motor terus meningkat setiap tahunnya. Melansir dari data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), saat ini ada sekitar 143,75 juta motor yang beredar di Indonesia.

Tak hanya itu, masyarakat pun semakin sadar akan tampilan dan performa kendaraanya. Tak heran, penjualan sparepart menunjukan peningkatan secara pesat.

Sayangnya, kondisi ini sering dimanfaatkan sejumlah oknum untuk memproduksi sparepart palsu. Bahkan, beberapa sparepart pun dikemas sedemikian rupa, agar terlihat sama persis dengan yang asli.

Selain sparepart, rupanya masih ada juga kebutuhan otomotif yang kerap dipalsukan. Salah satunya adalah oli. Tak hanya oli mobil, oli motor pun kerap dipalsukan karena memiliki pangsa pasar yang cukup besar.

Baca Juga: Ganti Oli Sendiri di Rumah? Berikut 4 Hal yang Harus Diperhatikan

Oli memliki peran penting dalam melumasi dapur pacu. Cairan ini bertugas untuk mencegah terjadinya gesekan antar komponen mesin.

Jika oli palsu digunakan, pelumasan tidak akan maksimal sehingga mesin lama kelamaan aus dan mengalami kerusakan cukup fatal. Efeknya tidak seketika, tetapi baru terlihat setelah beberapa lama.

Biasanya komponen yang paling sering mengalami kerusakan adalah piston dan dinding silinder. Sebab, bagian inilah yang bekerja paling keras, bergesekan, dan bekerja pada suhu yang tinggi.

Namun, Sobat GridOto tak perlu khawatir sebab oli palsu bisa terdeteksi secara kasat mata. Sobat GridOto dapat mempelajari indikator pembanding oli asli dan palsu. Berikut penjelasannya.

Baca Juga: Seal Klep Motor Aus Dibiarkan, Ternyata Begini Efeknya ke Performa

  1. Nomor produksi

Saat Anda membeli oli, coba perhatikan nomor produksinya. Biasanya produsen oli menggunakan nomor identifikasi yang terletak di dua tempat berbeda, yaitu pada tutup botol dan badan botol. Namun, nomor yang tertera biasanya identik.

Bila Sobat GridOto menemukan adanya perbedaan antara dua nomor tersebut, bisa diindikasikan produk tersebut palsu.

  1. Perhatikan tutup botol

Semua produsen oli pasti memiliki seal untuk memberikan tanda bahwa produk tersebut baru. Ketika tutup dibuka, maka segel akan otomatis rusak.

Jika Sobat GridOto menemukan produk dengan segel cacat, apalagi dijual dengan harga miring, urungkan niat untuk membeli. Bisa jadi oli sudah dioplos dan dikemas ulang.

Namun, Sobat GridOto juga perlu mewaspadai oknum pemalsu yang sudah canggih. Mereka bisa membuat segel layaknya dari pabrikan. Intinya, jangan mudah tergiur harga murah dan selalu beli di toko resmi.

Baca Juga: Gejala Seal Klep Motor Minta Ganti Baru, Umumnya Ada Tanda Ini

  1. Cermati label botol

Biasanya oknum pemalsu oli akan menekan biaya produksi. Sehingga umumnya akan membuat label terlihat tidak mencolok dan kurang begitu diperhatikan.

Sementara beberapa produsen pelumas menggunakan semacam logo hologram dan kode tersendiri untuk menunjukkan keaslian produk mereka.

Meski tampilan bisa terlihat sangat mirip, akan ada perbedaan saat diteliti. Sebab, detail label yang digunakan berkualitas rendah.

  1. Warna dan bau

Selanjutnya, untuk mengecek keaslian oli, Sobat GridOto bisa memperhatikan bau dan warnanya. Memang sedikit sulit untuk membedakan oli asli dan palsu. Namun, oli yang palsu akan terlihat lebih berwarna keruh hitam pekat serta berbau gosong. 

Baca Juga: Inilah Perangkat Penting yang Cegah Transmisi CVT Mobil Jebol

Sementara oli asli memiliki warna kuning keemasan layaknya minyak kelapa sawit. Selain itu baunya pun memiliki ciri khas tersendiri.

Itulah empat indikator yang dapat Sobat GridOto teliti sebelum membeli oli.  Jangan lengah karena  di pasaran ada oli abal-abal.

Untuk mencegah penipuan, Sobat GridOto juga bisa memilih melakukan perawatan di bengkel tepercaya dan gunakan brand oli yang juga sudah terkenal reputasinya. Contohnya saja, oli Pertamina Enduro 4T Racing.

Enduro 4T Racing merupakan pelumas motor empat langkah dengan kekentalan ganda berkualitas tinggi yang diformulasikan dengan base oil sintetik dan aditif pilihan.

Oli Enduro Racing 4T Racing didesain khusus untuk perlindungan sempurna motor bebek.
Dok. Enduro
Oli Enduro Racing 4T Racing didesain khusus untuk perlindungan sempurna motor bebek.

Produk ini memiliki kekentalan SAE 10W-40 dengan tingkatan mutu API SL dan JASO MA2. Spesifikasi ini merupakan salah satu keunggulan Enduro 4T Racing karena memiliki fitur anti slip kopling terbaik untuk motor bebek dan menjadikan tarikan motor lebih bertenaga.

Hal ini juga telah dibuktikan melalui pengujian variable speed friction test dengan friksi yang lebih tinggi dibandingkan dengan top reference oil.

Satu hal yang tidak kalah penting, oli Enduro 4T Racing ini wangi! Sehingga membuat pengendara semakin percaya diri. Oli wangi juga sulit dipalsukan loh sobat!

Enduro 4T Racing juga sudah dilengkapi dengan fitur pengaman agar tidak mudah dipalsukan sob! Salah satunya terdapat hologram di balik label pada botol, dan terdapat QR Code yang berisi kode unik di setiap botol Enduro.

Ayo coba Enduro 4T Racing ! Andalan Sang Penjelajah!

Editor : Sheila Respati

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa