Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+
Brandstory

Konten Ini Merupakan Kerjasama Gridoto Dengan Pertamina Enduro


Pertamina Enduro

Ganti Oli Sendiri di Rumah? Berikut 4 Hal yang Harus Diperhatikan

Nana Triana - Senin, 7 Desember 2020 | 20:28 WIB
Ilustrasi mengganti oli.
Dok. Shiutterstock
Ilustrasi mengganti oli.

GridOto.com – Membawa motor untuk servis berkala ke bengkel adalah kegiatan yang wajib dilakukan. Sayangnya, di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini bepergian ke luar rumah dan beraktivitas di tempat umum banyak aturannya.

Menempuh perjalanan dari rumah ke bengkel, mengantre, hingga menunggu motor lebih rumit dan membuat malas. Alhasil, kewajiban servis berkala diurungkan.

Beberapa pemilik motor pun akhirnya memilih melakukan perawatan rutin secara mandiri di rumah. Mengganti komponen dan suku cadang memang sulit untuk dilakukan. Namun, perawatan sederhana seperti ganti oli, bisa dilakukan sendiri.

Peralatan yang diperlukan sederhana, seperti tang, kunci ring atau kunci pas ukuran 17, dan bak penampungan untuk oli bekas.

Baca Juga: Begini Peran Transmisi Matik Jenis CVT dalam Menyalurkan Tenaga Mesin

Namun, ada supaya motor lebih aman, sebelum memutuskan mengganti oli sendiri, sebaiknya pelajari dulu cara yang benar. Beruntung pula, saat ini Sobat GridOto dapat melihat tutorialnya di Youtube. Supaya lebih mantap lagi, Sobat GridOto bisa catat beberapa hal yang perlu dihindari saat ganti oli motor secara mandiri.

  1. Menyemprotkan angin kompresor

Saat mengganti oli, Sobat GriOto pasti sering melihat mekanik yang menyemprot bagian dalam mesin dengan menggunakan angin kompresor. Tujuannya, untuk mempermudah membuang sisa-sisa oli mesin.

Ternyata kebiasaan menyemprotkan angin tidak disarankan. Hal ini disebabkan karena angin kompresor ternyata mengandung uap air. Sehingga, saat angin disemprotkan ke dalam mesin justru akan berpotensi meninggalkan air di dalam mesin.

Kondisi tersebut akan berpengaruh pada kinerja oli dalam melakukan pelumasan komponen yang ada di dalam mesin. Fatalnya, komponen pada mesin bisa cepat mengalami kerusakan.

Baca Juga: Jangan Asal, Begini Panduan Memilih Oli yang Tepat untuk Motor Bebek

  1. Mengganti oli saat mesin panas atau terlalu dingin

Saat mengganti oli, ada beberapa hal yang musti diperhatikan di antaranya tidak boleh megganti oli saat motor keadaan terlalu panas atau saat motor terlalu dingin. Kesalahan ini berdampak negatif pada kesehatan motor.

Pada kondisi mesin panas biasanya akan terjadi pemuaian pada komponen mesin seperti baut. Saat memuai, tingkat kekerasan material baut berkurang Membuka baut saat mesin dalam keadaan panas dapat menyebabkan drat baut menjadi rusak. 

Sementara itu, mengganti oli ketika mesin dingin juga tidak baik karena oli yang telah lama mengendap lambat laun akan mengental. Sobat GridOto akan membutuhkan waktu lebih lama sampai oli terkuras habis.

  1. Mencampur oli

Bagi Sobat GridOto yang hendak mengganti oli, sebaiknya tidak mencampur atau sering menggonta-ganti oli mesin. Sebab kandungan aditif setiap merek oli biasanya berbeda.

Baca Juga: Malas Ganti Oli Motor, Siap-Siap Tanggung Risiko Ini Sob!

Untuk mencampur oli yang berbeda mereknya biasanya dilakukan compatibility test terlebih dahulu. Daripada berisiko, lebih baik pilih satu merek oli yang menjawab semua kebutuhan motor Sobat GridOto. Setelah cocok dengan satu oli tersebut, pastikan Sobat GridOto setia menggunakannya.

  1. Tidak memerhatikan kecocokan oli

Untuk mengetahui apakah oli motor yang digunakan sudah sesuai dengan kebutuhan mesin, pastikan Sobat GridOto mengetahui terlebih dahulu spesifikasi mesin serta kebutuhannya. Setelah tahu kebutuhan olinya, Anda juga harus mempertimbangkan manfaat tambahan yang ditawarkan setiap oli.

Misalnya saja, seperti oli Pertamina Enduro 4T Racing yang mampu mencegah karat pada mesin. Enduro 4T Racing merupakan pelumas motor empat langkah dengan kekentalan ganda berkualitas tinggi yang diformulasikan dengan base oil sintetik dan aditif pilihan.

Oli Enduro Racing 4T Racing didesain khusus untuk perlindungan sempurna motor bebek.
Dok. Enduro
Oli Enduro Racing 4T Racing didesain khusus untuk perlindungan sempurna motor bebek.

Produk ini memiliki kekentalan SAE 10W-40 dengan tingkatan mutu API SL dan JASO MA2. Spesifikasi ini merupakan salah satu keunggulan Enduro 4T Racing karena memiliki fitur anti slip kopling terbaik untuk motor bebek dan menjadikan tarikan motor lebih bertenaga.

Hal ini juga telah dibuktikan melalui pengujian variable speed friction test dengan friksi yang lebih tinggi dibandingkan dengan top reference oil. Tidak hanya itu, oli ini memiliki wangi yang harum sehingga sulit dipalsukan.

Ayo coba Enduro 4T Racing ! Andalan Sang Penjelajah!

Editor : Sheila Respati

Perawatan Sistem Penggerak Motor Listrik, Minim Bukan Berarti Dicuekin

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa