Seken Keren: Sejarah Toyota NAV1, Rival Nissan Serena yang Kiprahnya Cukup Singkat di Indonesia

Harun Rasyid - Sabtu, 28 November 2020 | 11:05 WIB
Toyota NAV1
Dok. OTOMOTIF
Toyota NAV1

GridOto.com - Toyota NAV1 pertama kali diluncurkan untuk pasar Indonesia pada 2012 lalu, dirakit secara lokal (Completely Knock Down/CKD) oleh PT Sugity Creatives yang merupakan anak perusahaan Toyota Auto Body di Bekasi, Jawa Barat.

Sebagai Multi Purpose Vehicle (MPV) dengan desain boxy, kehadiran Toyota NAV1 kala itu untuk mengisi celah di antara Alphard dan Kijang Innova.

Enggak cuma itu, Toyota NAV1 juga menjadi rival bagi MPV pintu geser merek lainnya seperti Nissan Serena dan Mazda Biante.  

NAV1 sendiri merupakan singkatan dari NAVigation One, sementara di Jepang dikenal dengan nama Toyota Noah.

Baca Juga: Modifikasi Toyota Nav1 Tambah Kece Dengan Bodi Dibubuhi Aksen Krom

Untuk spesifikasinya, Toyota NAV1 mengandalkan mesin 2.000 cc berkode 3ZR-FE yang dipadukan dengan transmisi CVT (Continuously Variable Transmission) 7-percepatan yang diatur secara virtual.

Sementara jumlah varian yang tersedia hanya dua saat di awal kemunculannya, yaitu G A/T dan V A/T.

Memasuki 2014, PT Toyota Astra Motor (TAM) kembali menghadirkan versi penyegaran dari NAV1 setelah dua tahun meramaikan pasar otomotif Tanah Air.

Mesin Toyota NAV1
Dok. OTOMOTIF
Mesin Toyota NAV1


Perubahan yang cukup terasa ada di bagian interior, yang mana nuansa kabin berganti menjadi dominan warna hitam dari sebelumnya krem.

Tak hanya itu, sistem audio baru dan boks konsol untuk pendingin dan pemanas minuman jadi hal baru yang bisa ditemukan di kabin New Toyota NAV1 tipe V Limited A/T.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa