Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Intip Spesifikasi Honda PCX 125 Yang Rilis di Eropa, Cikal Bakal PCX 150 di Indonesia?

Harry - Rabu, 11 November 2020 | 16:10 WIB
HONDA PCX125 di Eropa
Honda
HONDA PCX125 di Eropa

GridOto.com-Ya hal itu memang masih tanda tanya, karena belum ada kabar pasti kehadiran model terbaru dari Honda PCX 150. Tapi Honda sudah menghadirkan model 2021 untuk pasar Eropa, dan salah satunya adalah Honda PCX 125 2021.

Jika benar model yang sama akan masuk Indonesia, maka ini akan menjadi lawan yang sangat tangguh untuk Yamaha NMAX 2020. Soalnya ubahannya total banget sob, kita lihat deh yuk ada apa saja yang menarik dari skutik dengan penjualan kedua terlaris di Eropa ini.

(Baca Juga: MotorSeken : Simak Dulu Bedanya Honda PCX 150 Tipe ABS Atau CBS)

HONDA PCX125 terbaru di Eropa
Honda
HONDA PCX125 terbaru di Eropa

Desain
Tampilan modern, mewah dan elegan masih terpancar dari sosok skutik satu ini. Desainnya sekilas masih mirip dengan model yang beredar di Indonesia saat ini, tapi sudah mendapat sentuhan ulang.

Misalnya fascia depan yang jadi lebih manis, dengan bentuk lampu yang lebih tipis, jadi enggak berkesan  dan tentunya sudah pakai teknologi LED sob. Sekilas tampang depannya ini mirip Forza 250 ya?

Lekuk garis bodi terlihat tegas memberikan kesan muscular alias berotot, lihat deh sisi samping motor ini, asli keren banget sob. Bahkan pijakan kaki pembonceng dibuat rapi seolah menyatu dengan bodi.

(Baca Juga: MotorSeken : Naksir Honda PCX Versi CBU, Pahami Dulu Masalahnya Sob)

Lampu belakang Honda PCX125 di Eropa
Honda
Lampu belakang Honda PCX125 di Eropa

Kalau di buritan lekuk lampu dengan X-shape masih dipertahankan, dan menyala 2 bagian. Atas dengan lekuk tipis, sedangkan bawah punya lekuk seperti boomerang. Tepat diantaranya, diisi lampu rem.

O iya, pijakan kaki juga lebih luas karena ada tambahan 30 mm ke depan dan dan 30 mm ke samping. Dijamin kaki jadi lebih fleksibel untuk atur posisi berkendara yang nyaman.

(Baca Juga: MotorSeken : Naksir Honda PCX Versi CBU, Pahami Dulu Masalahnya Sob)

Fitur dan Teknologi
Honda PCX 125 2021 mendapatkan update kelengkapan standar yang dibawanya. Misal bagasi di balik jok yang menjadi 30,4 liter. Sebuah helm full face bahkan masuk dan masih tersisa banyak ruang.

Dan Honda sudah membekali PCX 125 2021 ini dengan fitur keselamatan HSTC (Honda Selectable Torque Control), fungsi fitur ini untuk menjaga traksi roda belakang dengan permukaan jalan.

Honda PCX 125 Eropa
Honda
Honda PCX 125 Eropa

Di konsol depan juga terdapat power outlet untuk mengisi baterai smartphone. Lalu dudukan setang diberikan lapisan karet untuk menyerap getaran supaya pengendara lebih nyaman.

Spidometer punya desain baru dan pastinya sudah full digital sob. Kini ukuran layarnya semakin besar dengan tampilan negatif display. Terus di kiri-kanannya ada area untuk lampu-lampu indikator.

Yang menarik, lingkar pelek yang dipakai beda! Bukan lagi pakai 14 inci depan-belakang tapi sekarang 14-13 inci dengan desain pelek yang juga baru.

Nah, ukuran ban yang dipakai juga naik 1 step nih sob, ban depan pakai ukuran 110/70-14 dan belakang ukuran 130/70-13. Lebih lebar dari model terdahulu yang 100/80-14 dan 120/70-14.

(Baca Juga: Video Bongkar Masalah dan Solusi Honda PCX 150 Lokal dan CBU, Ketahui Sebelum Beli Bekas)

Mesin
Honda PCX 125 dibekali mesin baru eSP+, SOHC 4 katup, pendingin cairan. Tenaganya 12,3 Dk @ 8.750 rpm dan torsi mencapai 11,8 Nm @ 6.500 rpm.
Mesinnya berkarakter over stroke, dengan ukuran piston 53,5 mm dan langkah piston 55,5 mm. Sedangkan pada PCX 125 model sebelumnya pakai piston 52,4 mm dan langkah 57,9 mm.

Dari keterangannya disebutkan, penggunaan langkah piston yang lebih pendek untuk memberikan ruang untuk 2 katup tambahan, juga mengurangi efek gesekan.

Sistem pengabutan bahan bakar PGM-FI, dengan throttle body ukuran 28 mm, lebih besar 2 mm untuk meningkatkan aliran bahan bakar dan menambah performa mesin.

Mesin eSP+ Honda
Istimewa
Mesin eSP+ Honda

Mesin ini diklaim memiliki konsumsi bahan bakar hingga 47,6 km/liter, dan dengan tangki bahan bakar mencapai 8,1 liter, Honda PCX 125 bisa melaju sejauh 385 km.

Dan seperti halnya sebuah mesin eSP, proses menghidupkan mesin lebih halus dengan ACG Starter dan dikawal Idling Stop System untuk menghemat bahan bakar.

Gimana sob, menggoda banget ya Honda PCX 125 terbaru ini? Desainnya ok, apalagi mesin eSP+. Berharap kelak Honda PCX 150 terbaru bakal punya desain seperti ini dan mesin eSP+ juga ya.

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa