Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Hore! Jalan Tol BORR Seksi 3A Ruas Simpang Yasmin-Kayu Manis Selesai Dibangun, Sudah Siap Dioperasikan

Ruditya Yogi Wardana - Kamis, 5 November 2020 | 19:05 WIB
Pengerjaan Jalan Tol Bogor Ring Road (BORR) Seksi 3A ruas Simpang Yasmin-Kayu Manis sudah selesai.
Dok. Kementerian PUPR
Pengerjaan Jalan Tol Bogor Ring Road (BORR) Seksi 3A ruas Simpang Yasmin-Kayu Manis sudah selesai.

GridOto.com - Pembangunan Jalan Tol Bogor Ring Road (BORR) Seksi 3A ruas Simpang Yasmin-Kayu Manis dikabarkan sudah selesai dan siap dioperasikan.

Melansir dari pu.go.id, ruas tol ini sudah melalui tahap uji statis dan uji dinamis menggunakan kendaraan jenis truk yang berhenti di tengah-tengah jalan lebih dari satu kali.

Langkah tersebut dilakukan, guna mendapatkan hasil yang konsisten dan mengetahui kualitas dari kekuatan jembatan tol tersebut.

Sedangkan untuk pelaksanaan uji dinamis dilakukan untuk mengetahui faktor redaman dan Dynamic Amplificatio Factor (DAF), yakni perbandingan antara amplitudo akibat beban dinamis dengan amplitudo akibat beban statis yang akan menunjukkan karakteristik dari jembatan tersebut.

Baca Juga: Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi I Siap Beroperasi Dalam Waktu Dekat, Bisa Diakses Secara Gratis, Sampai Kapan?

Dengan begitu Jalan Tol BORR Seksi 3A ruas Simpang Yasmin-Kayu Manis dikatakan sudah siap untuk dioperasikan.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono menuturkan, pihaknya berharap Jalan Tol BORR bisa menjadi alternatif mengurai kemacetan di Kota Bogor, Jawa Barat.

Selain itu, keberadaan jalan tol ini juga diharapkan bisa mempermudah pergerakan masyarakat dan meningkatkan taraf ekonomi Kota Bodor sebagai bagian dari Kawasan Metropolitan Jabodetabekpunjur (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Puncak, Cianjur).

Perlu diketahui, Jalan Tol BORR yang dikelola PT Marga Sarana Jabar terbagi menjadi tiga seksi, yakni Seksi 1 Sentul Selatan-Kedung Halang yang sudah dioperasikan pada 2009 silam.

Baca Juga: Siap-siap! Tarif Tol JORR I Bakal Naik Dalam Waktu Dekat Ini, Berikut Rinciannya

Kemudian Seksi 2A Kedung Halang-Kedung Badak yang diresmikan pada 2014, Seksi 2B Kedung Badang Simpang Yasmin yang beroperasi sejak 2018 dan Seksi 3 Simpang Yasmin-Kayu Manis.

Tol BORR dibangun untuk menjadi pendukung kegiatan ekonomi masyarakat Kota Bogor dan sekitarnya, sekaligus sebagai akses pendukung kegiatan industri dan logistik.

Tidak hanya itu, kehadiran jalan tol ini juga bisa mendukung kawasan wisata di sekitar Kota Bogor, seperti kawasan puncak Ciawi dan Kebun Raya Bogor.

Pengendara bisa menikmati panorama Gunung Salak yang indah ketika melintasi Jalan Tol BORR.

Editor : Muhammad Ermiel Zulfikar
Sumber : Pu.go.id

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa