Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jasa Marga Bangun Empat Parkir Darurat di Tol Jakarta-Cikampek II, Bisa Tampung Berapa Mobil?

M. Adam Samudra - Kamis, 5 November 2020 | 09:50 WIB
Parking Bay di Jalan Tol Jakarta- Cikampek
Jasa Marga
Parking Bay di Jalan Tol Jakarta- Cikampek

GridOto.com - PT Jasa Marga melalui anak usahanya PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC) sedang membangun 4 tempat parkir darurat (emergency parking bay) di Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated).

Pekerjaan telah dimulai pada bulan Agustus 2020 dan ditargetkan selesai pada Februari 2021.

Keempat Emergency Parking Bay tersebut berlokasi di Km 21+000 dan Km 41+500 untuk arah Cikampek serta Km 39+500 dan Km 22+500 untuk arah Jakarta.

Direktur Utama PT JJC Vera Kirana menjelaskan, fungsi dari Emergency Parking Bay nantinya sebagai lokasi perhentian dalam kondisi darurat dan safe zone untuk menunggu datangnya bantuan dari petugas Mobile Customer Service (MCS) Jasa Marga.

Baca Juga: Hari Ini Jadi Puncak Arus Balik, Jasa Marga Catat Segini Jumlah Kendaraan ke Jakarta

Setiap Emergency Parking Bay memiliki kapasitas untuk menampung hingga 6-7 kendaraan dalam satu waktu bersamaan.

"Nantinya kendaraan yang mengalami gangguan tidak menganggu bahu jalan dan lajur utama sehingga menghindari kepadatan yang berpotensi terjadi," ujar Vera melalui keterangan tertulisnya, Kamis (5/11/2020).

"Selain itu juga nanti akan ada penambahan fasilitas pelayanan pengguna jalan seperti penyediaan toilet portable pada momen-momen tertentu seperti periode arus mudik dan balik Lebaran atau Natal dan Tahun Baru," ujar Vera.

Vera menambahkan, dalam membangun Emergency Parking Bay ini, PT JJC mengklaim memastikan keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan.

Baca Juga: Jasa Marga Segera Menyesuaikan Tarif Tol JORR 1, Berdampak Pada Sembilan Ruas Ini

Oleh karena itu pada lokasi bahu luar jalan tol (bahu jalan sebelah kiri) akan dipasang pengamanan berupa barrier sepanjang kurang lebih 70 meter, akan dilaksanakan secara bertahap di 4 lokasi mulai bulan November 2020 sd Januari 2021.

Tidak ada pengurangan kapasitas lajur selama masa kontruksi tersebut, sehingga pada jalan Tol Jakarta-Cikampek Elevated tetap beroperasi penuh 2 Lajur per masing-masing arah.

Pengguna jalan tol agar tetap berhati-hati saat melintas di lokasi kontruksi.

“Kami juga akan menyiapkan petugas untuk pengaturan lalu lintas, terutama di Jalan Tol Jakarta-Cikampek bawah,” tutup Vera.

Editor : Fendi
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa