Gant Oli Mesin Mobil, Ikuti Patokan Jarak Tempuh Atau Periode Waktu?

Radityo Herdianto - Rabu, 4 November 2020 | 10:00 WIB
Ilustrasi penggantian oli mesin mobil
Ilustrasi penggantian oli mesin mobil

GridOto.com - Ganti oli mesin mobil, harus ikuti patokan jarak tempuh atau periode waktu tertentu?

Ada yang beranggapan dalam kondisi apapun penggantian oli mesin tetap harus berpatokan pada interval jarak tertentu, misalkan setiap 10.000 km.

Namun tidak sedikit juga yang menggunakan satuan waktu seperti setiap 6 bulan ganti oli mesin berapapun jarak tempuh yang dilalui.

Menurut Suryadi, Kepala Bengkel Astrido Toyota Fatmawati, Jakarta Selatan, penggantian oli yang paling ideal seharusnya berpatokan pada jam kerja mesin mobil (working hour engine).

"Bisa diketahui dari nyala mesin apakah sebanding dengan jarak yang ditempuh mobil," sebut Suryadi kepada GridOto.com.

Tombol pengaturan odometer atau display MID untuk mengaktifkan atau mematikan fitu Eco Indicator di Toyota Rush terbaru.
Dwi Wahyu R./GridOto.com
Tombol pengaturan odometer atau display MID untuk mengaktifkan atau mematikan fitu Eco Indicator di Toyota Rush terbaru.

Baca Juga: Mobil Habis Dipakai Perjalanan Liburan, Apakah Perlu Ganti Oli Mesin?

"Terkadang dalam kondisi nyata terkadang jarak tempuh kendaraan tidak sesuai dengan lamanya jam kerja mesin mobil," sambung Suryadi.

Seperti di kota-kota besar dengan arus lalu lintas padat dimana jarak tempuh mobil cenderung pendek tapi mesin terus menyala.

"Jadinya tidak sesuai dan bisa saja ganti oli mesin lebih cepat dari interval jarak tempuh yang ditentukan," terang Suryadi.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Dwi Wahyu R.

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa