Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Jika Ingin Membawa Hewan Peliharaan Berpergian Naik Mobil

Laili Rizqiani - Selasa, 3 November 2020 | 20:05 WIB
Ilustrasi membawa hewan peliharaan dalam mobil
holtsauto.com
Ilustrasi membawa hewan peliharaan dalam mobil

GridOto.com - Buat sobat yang memiliki hewan peliharaan seperti anjing atau kucing, pastinya memiliki perasaan bersalah saat hendak meninggalkan mereka di rumah sendirian dalam jangka waktu yang cukup lama.

Sehingga mengajaknya untuk bepergian dengan mobil pun menjadi solusi, selain menitipkannya ke tetangga atau di tempat penitipan hewan.

Menurut Jusri Pulubuhu, Pakar keselamatan berkendara dan juga Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), sebenarnya sah-sah saja membawa hewan peliharaan saat bepergian dengan mobil.

Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan tidak boleh dilakukan sembarangan sob.

Baca Juga: Interior Mobil Dipenuhi Bulu Hewan Peliharaan? Solusinya Pakai Ini

"Hewan peliharaan tersebut harus di taruh atau di ikat di belakang, sehingga tidak akan memberi distraksi kepada pengemudi," ujar Jusri dikutip dari Kompas.com.

"Karena salah satu kewajiban mengemudi aman adalah tertib dengan cara harus memberikan konsentrasi secara maksimal penuh pada saat kita mengemudi," imbuhnya.

Bersihkan noda hewan peliharaan
Auto Bild Indonesia
Bersihkan noda hewan peliharaan

Memangku atau membiarkan hewan peliharaan begitu saja di dalam kabin, apalagi di kursi depan bisa saja mengganggu konsentrasi saat mengemudi.

Jusri menjelaskan, hal tersebut masuk dalam kategori in car distraction, karena bisa membuat kemampuan persepsi dan motorik pengemudi menurun.

Baca Juga: Anjing Peliharaan Bikin Lebih Fokus Saat Berkendara? Begini Hasil Studi SEAT Inggris

Dikhawatirkan nantinya membuat pengemudi hilang kendali dalam mengoperasikan kendaraan.

"Ketika hal ini ditemui di jalan, harusnya polisi sadar dan melakukan penegakan, karena mereka punya medianya dan tercantum dalam Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009, Salah satu pasalnya pengemudi wajib mengemudi dengan penuh konsentrasi," terang Jusri.

Contoh in car distraction lainnya seperti telepon, mengobrol dengan lawan bicara, dandan dan fokus dengan hewan peliharan saat berkendara.

"Jadi jika ingin mengajak jalan-jalan hewan peliharaan dengan mobil harus aman, setidaknya ada penumpang lain yang ikut mengawasi hewan tersebut,” ujarnya.

Baca Juga: Dari Sisi Keselamatan, Bawa Kambing Kurban Naik Motor Itu Boleh atau Enggak Ya? Begini Kata Pakar Safety

Editor : Muhammad Ermiel Zulfikar
Sumber : Kompas.com,How Stuff Works

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa