Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Libur Panjang Kapasitas Rest Area Hanya 50 Persen. Kalau Pengemudi Lelah, Di Mana Tempat Istirahat yang Aman?

Naufal Shafly - Jumat, 30 Oktober 2020 | 17:00 WIB
Ilustrasi rest area
Tribun Jateng/Amanda Rizqyana
Ilustrasi rest area

GridOto.com - Libur panjang kali ini sejumlah rest area harus ditutup, untuk mengantisipasi kemacetan akibat keluar masuknya kendaraan.

Lalu, ada juga beberapa rest area lainnya yang masih beroperasi, tetapi kapasitasnya dikurangi menjadi 50 persen untuk menghindari penyebaran Covid-19.

Lantas, jika pengemudi merasa lelah saat diperjalanan, di manakah tempat yang aman untuk istirahat?

Menanggapi hal ini, Sony Susmana selaku Training Director Safety Defensive Consulting Indonesia (SDCI) memberikan penjelasannya.

Baca Juga: Hadapi Libur Panjang , Pertamina Klaim Stok BBM Aman di SPBU

Menurut Sony, sebagai langkah antisipasi awal, pengemudi harus mencari tahu terlebih dulu mengenai titik-titik rest area yang ditutup atau masih beroperasi dengan kapasitas 50 persen.

"Yang terpenting pengemudi, jangan panik dan ambil keputusan sembarangan dengan berhenti di pinggir jalan," ucap Sony kepada GridOto.com, Jumat (30/10/2020).

Menurutnya, lebih baik pengemudi mencari pintu keluar tol terdekat, dan beristirahat sejenak di SPBU, mini market, ataupun tempat istirahat lainnya.

"Tapi kalau kondisinya sudah benar-benar lelah dan ngantuk, pengemudi bisa mencari space yang aman, relatif lebar, flat, dan sepi untuk berhenti sejenak," tukasnya.

Baca Juga: Macet saat Libur Panjang? Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Masuk Jalan Tikus

"Saat berhenti, nyalakan lampu hazard dan lakukan streching (peregangan) selama kurang lebih 5 menit, dengan posisi berdiri di belakang mobil," lanjutnya.

Ia mengatakan, kegiatan tersebut dapat menjaga kebugaran pengemudi selama 2 jam ke depan.

"Pokoknya 5 menit ini dimanfaatkan untuk meluruskan badan dan melancarkan peredaran darah. Hirup oksigen sebanyak-banyaknya," tutupnya.

Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa