Advertorial

Ingin Jalan-jalan Aman Buat Isi Libur Akhir Tahun? Road Trip Saja!

Yussy Maulia - Senin, 26 Oktober 2020 | 19:01 WIB
Mitsubishi Xpander Black Edition
Dok. MMKSI
Mitsubishi Xpander Black Edition

GridOto.com – Celotehan soal betapa membingungkannya konsep ruang dan waktu di 2020 memang benar adanya, Sobat GridOto. Tidak terasa, tiba-tiba akhir tahun sudah di depan mata.

Akibat pandemi, 2020 memang jadi tidak berkesan. Hampir semua kegiatan, baik bekerja ataupun kumpul-kumpul dengan teman satu tongkrongan dan keluarga mesti dilakukan dari rumah. Caranya dengan aplikasi meeting virtual atau video call.

Namun, Sobat GridOto bisa mencari cara supaya tahun ini tidak lewat begitu saja. Pemerintah sudah menetapkan, akhir tahun nanti akan ada pengganti cuti bersama Lebaran.

Selain itu, cuti bersama Natal dan Tahun Baru juga akan berlaku seperti tahun sebelumnya. Artinya, ada waktu buat libur panjang. 

Jika senang jalan-jalan yang seru layaknya petualangan, coba saja rencanakan road trip. Ajak keluarga supaya lebih seru dan ada memorinya.

Banyak yang mengatakan road trip malah membuat biaya liburan jadi lebih bengkak. Alasannya, waktu dan jarak tempuh perjalanan lebih panjang dan menggunakan mobil pribadi.

Pastinya, Sobat GridOto mesti menyiapkan biaya bensin dan tol. Belum ditambah mampir-mampir untuk makan atau jajan. Selain itu, mengendarai mobil dengan jarak jauh dinilai lebih melelahkan.

Namun, Sobat GridOto, anggapan-anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Memilih model liburan ini Sobat GridOto malah mendapat beragam keuntungan asalkan betul cara merencanakannya. Berikut penjelasannya.

Waktu yang lebih fleksibel
Road trip dapat memberikan fleksibilitas waktu menjelajah. Sobat GridOto bebas berhenti kapan saja dan dimana saja untuk melihat pemandangan alam yang indah atau sekedar meregangkan otot.
Sobat GridOto dapat menentukan kapan waktu beristirahat sesuai limit tubuh. Jangan memaksakan untuk terus berkendara kalau sudah lelah.  Sebuah jurnal Ilmu Terapi Fisik dari Universitas Daegu di Korea mengatakan 25 persen dari kecelakaan fatal di jalan disebabkan oleh kelelahan. Oleh karena itu, penting untuk sesekali beristirahat sejenak selama perjalanan, terutama saat road tripping.

Meski demikian, supaya road trip efisien Sobat GridOto tetap harus merencanakan rute perjalanan, tempat-tempat wisata atau belanja oleh-oleh yang mau disinggahi, hingga lokasi hotel tempat bermalam. Istilahnya, punya itinerari untuk road trip di tangan.
Biaya lebih terjangkau
Banyak yang menganggap road trip memakan banyak biaya. Padahal, jika dibandingkan, total biaya tol dan bensin tidak lebih besar dari harga tiket kereta atau pesawat.
Apalagi jika satu mobil dapat memuat enam hingga tujuh orang. Bayangkan berapa banyak uang yang harus dikeluarkan jika harga tiket pesawat minimum Rp 500.000 sekali jalan untuk satu orang saja.
Oleh sebab itu, road trip bisa menjadi pilihan tepat jika Anda ingin berhemat. Selain lebih ekonomis, Sobat GridOto bisa mendapatkan lebih banyak pengalaman tak terlupakan di perjalanan.
Bisa menjangkau semua destinasi
Ingin menuju destinasi yang terletak di pegunungan dengan jalan yang curam atau tempat anti mainstream yang tidak dilalui jalan utama?
Hal itu tidak akan jadi masalah bila Sobat GridOto melakukan perjalanan dengan mobil pribadi. Anda bisa bebas memilih destinasi, bahkan yang belum terjamah wisatawan sekalipun.
Untuk membuat road trip ini lebih aman dan menyenangkan, Anda perlu juga memperhatikan sistem kenyamanan dan keselamatan pada kendaraan Anda, seperti yang dimiliki oleh Xpander Black Edition dan Xpander Cross Rockford Fosgate (RF) Black Edition.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Sheila Respati

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa