Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Gerak Bersama UKM

GeBer UKM: YZM Garage, Bengkel Berprestasi dan Pembuat CDI Motor yang Diakui Dunia

Harun Rasyid - Minggu, 18 Oktober 2020 | 20:05 WIB
Bengkel spesialis pengapian motor, YZM Garage di Tangerang Sealtan
Harun/GridOto.com
Bengkel spesialis pengapian motor, YZM Garage di Tangerang Sealtan

GridOto.com - Selain membahas perjalanan mereka dalam membangun usaha, GeBer UKM juga menyajikan kisah menarik dari para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang kreatif di bidang otomotif.

Kali ini kami menemui pengusaha kreatif asal Tangerang Selatan, yang berhasil membuat produk pengapian motor jenis CDI (Capacitor Discharge Ignition) yang kualitasnya diakui dunia.

Nur Ali Yazqy, Owner bengkel YZM Garage mengatakan, perjalanan membuat produk CDI berawal dari motornya yang bermasalah dan kondisi ekonomi yang sulit.

"Tahun 2011 saya masih sekolah, terus CDI Vespa 2-tak saya rusak tapi saya enggak adauang buat beli baru. Setelah belajar soal kelistrikan dari buku secara otodidak, saya betulin CDI sendiri dengan modal uang Rp 30 ribu waktu itu," buka pemilik bengkel spesialis pengapian motor dan drag race tersebut saat ditemui GridOto.com, Minggu (18/10/2020).

Baca Juga: Murah dan Unik, Ganti Pengapian Vespa 2-Tak Jadi CDI di Bengkel Ini Cuma Segini

Walaupun sanggup memperbaiki CDI Vespa miliknya, hal itu tidak lantas membuat Yazqy puas.

Ia pun merasa tertantang membuat CDI untuk keperluan kompetisi. 

Yazqy (tengah) bersama rekannya yang bekerja di YZM Garage
Harun
Yazqy (tengah) bersama rekannya yang bekerja di YZM Garage


"Habis CDI saya bisa hidup, saya masih penasaran sama karakter CDI racing di pasaran. Akhirnya saya coba eksperimen dengan mengganti beberapa komponen dalam CDI yang terus dikembangkan hingga tahun 2015. Kemudian CDI YZM Technologies bisa tercipta dan mulai dicoba di event balap resmi tahun 2017," kata Yazqy.

"Tapi CDI YZM Technologies tahun 2015 saya mulai jual ke teman-teman dulu dan waktu itu belum ada mereknya. Produk ini juga dulu disebut sebagai CDI Setan karena apinya terbilang besar melebihi api CDI standar pabrikan," sambungnya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa