Test Ride Honda X-ADV, Seru Ngegas Skutik Adventure 750 cc Yang Bisa Matik Bisa Manual

Harry - Kamis, 22 Oktober 2020 | 09:07 WIB
Honda X-ADV
Rizky/Gridoto.com
Honda X-ADV

GridOto.com - Ini dia Honda X-ADV, sebuah motor adventure yang dijual Rp 450 juta oleh PT Astra Honda Motor.

Bentuknya unik karena mirip sebuah skutik, tapi bergaya adventure dan dijejali banyak fitur-fitur menarik. Dan tak kalah penting, mesinnya 750 cc dengan transmisi DCT.

Seperti apa impresinya? Langsung simak hasil test ride selengkapnya.

Video Test Ride Skutik Yang Bisa Matik Bisa Manual, Honda X-ADV 750!

Desain

Jika motor adventure biasanya berbasis sebuah motor sport, maka X-ADV ini dibuat benar-benar baru dan punya bentuk yang justru mirip sebuah skutik.

Bodinya cenderung padat dan terlihat tebal. Jika dilihat dari depan, fascia motor ini mirip dengan burung unta, dengan paruh yang enggak terlalu menonjol.

Lampu gandanya sudah LED dan sinarnya terbilang cukup terang dan fokus. Tepat di bawahnya terdapat sebuah paruh khas motor adventure.

Honda X-ADV
Rizky/Gridoto.com
Honda X-ADV


Di atas lampu tadi tedapat sebuah windshield yang ukurannya lumayan besar, dan bisa disetel naik-turun secara manual dengan memutar knob saja.

Bagian tengah motor nampak tebal, karena untuk menutupi mesin dan tangki bahan bakar, jadi area dek kiri dan kanan terpisah.

Menarik Disimak, 19 Modifikasi Honda ADV 150 Bergaya Adventure

Bodi belakang nampak kokoh dengan lekuk tegas dan terdapat behel model tanduk untuk memegang motor saat parkir. Menariknya model lampu belakang mirip CB 650 Neo Sport Cafe.

Karena bergaya adventure dan untuk mengantisipasi benturan, posisi knalpot dibuat menjulang tinggi. Desain knalpotnya juga lumayan keren loh.

Wndshield Honda X-ADV
Rizky/Gridoto.com
Wndshield Honda X-ADV


Secara ukuran, X-ADV ini enggak terlalu besar tapi memang terlihat panjang dan tinggi. Posturnya 2.245 x 910 x 1.375 mm, dengan sumbu roda 1.588 mm.

Karena desain X-ADV yang terbilang apik ini, maka wajar jika Honda membuat ADV 150 dengan desain yang terinspirasi dari X-ADV ini ya?

Penjualan Honda Big Bike Banjarmasin Mulai Membaik, Beli X-ADV 750 Dapat Cashback Rp 50 Juta

Fitur dan Teknologi
Dimulai dari lampu-lampu, yang seluruhnya sudah pakai teknologi LED. Dari lampu depan, lampu belakang sampai lampu sein yang bentuknya mirip punya Honda CB150R Streetfire.

Panel instrumen sudah full digital LCD dengan tampilan ala CRF450 Rally. Informasi yang ditampilkan di dalamnya padat dan lengkap!

Mulai dari average fuel consumption, fuel meter, jam, tanggal, bulan, hari, odometer, trip A dan B, suhu udara, mode yang sedang digunakan, traction control, hingga gear indicator.

Di bagian tengah ada spidometer dan atasnya ada takometer dengan posisi redline di 6.500 rpm. Di bawah spidometer ada posisi gigi transmisi.

Spidometer Honda X-ADV
Rizky/Gridoto.com
Spidometer Honda X-ADV


Beberapa lampu indikator seperti sein, lampu jauh dan traction control ada di atas spidometer, dan indikator overheat, check engine dan tekanan oli di bawahnya.

Enggak cuma itu, di area setang juga ada lampu indikator untuk smasrt key, gigi netral, rem parkir dan ABS. Lengkap!

Di dekat setang juga ada knob smart key yang punay fungsi untuk menghidupkan motor, mengunci setang, membuka jok dan membuka tutup tangki bensin.

Di bawah setang ada tuas untuk rem parkir, yang dibuat rapi menyatu dengan bodi. Cara pakainya tinggal tarik, dan untuk melepas tarik lagi tuasnya.

Honda ADV 150 Keren Juga Kalau Dimodif Bergaya Racing Style Begini

Rem parkir ini berguna banget pas berhenti di jalan menanjak atau turunan. Rem parkir ini punya kaliper terpisah yang menjepit rem belakang.

Di balik joknya ada bagasi berkapasitas 21 liter, tapi aksesnya agak kurang maksimal karena pakai pegas dengan sudut buka yang enggak terlalu lebar.

Bagasi ini juga enggak terlalu panjang karena di depannya ada tangki bahan bakar berkapasitas 13,1 liter.

Tapi bagasinya cukup untuk menampung sebuah helm full face.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Dimas Pradopo

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa