Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Seken Keren: Modul ABS Volvo V70 Yang Rusak Akan Bikin Repot, Segini Biaya Servisnya

Harun Rasyid - Minggu, 27 September 2020 | 19:30 WIB
Ilustrasi Volvo V70
Theparking.eu
Ilustrasi Volvo V70

GridOto.com - Selain terkenal karena kekuatan bodi dan sasisnya, Volvo juga tenar sebagai mobil dengan fitur keselamatan mumpuni termasuk di model lawasnya.

Salah satu fitur keselamatan di mobil Volvo lawas adalah sistem rem Anti-lock Braking System (ABS) yang beroperasi dengan bantuan modul dan sensor.

Nah, bagi yang tertarik membeli Station Wagon Volvo V70 generasi pertama, calon pemiliknya perlu mewaspadai masalah di modul ABS-nya.

Oddo Harryson, owner bengkel spesialis Volvo, Vota Motor di Jakarta Selatan mengatakan, modul rem ABS Volvo V70 yang rusak akan membuat pemiliknya kerepotan saat mau servis.

Baca Juga: Seken Keren: Meski Tergolong Kuat, Transmisi Matic Volvo V70 Harus Perawatan Ekstra, Begini Panduannya!

"Modul ABS Volvo V70 lawas yang rusak akan membuat spidometer dan odometer tidak berfungsi karena mati. Jadi pemiliknya akan bingung kalau mau servis, karena patokan jangka waktu servis ini berdasarkan kilometer," ujarnya kepada GridOto.com, Sabtu (26/9/2020).

"Selain itu penggantian spare part fastmoving V70 seperti timing belt dan waktu ganti oli mesin juga jadi tidak bisa diperkirakan," lanjut Oddo.

Speedometer Volvo V70
Instagram
Speedometer Volvo V70


Ia mengungkapkan, masalah spidometer mati karena modul ABS rusak justru tidak terjadi di model sebelum Volvo V70.

"Masalah modul ABS di Volvo V70 memang agak beda. Kalau modul ABS di Volvo generasi sebelum V70 rusak, itu enggak pengaruh ke pergerakan spidometer," jelas Oddo.

Baca Juga: Seken Keren: Ini Waktu Servis Volvo V70 Yang Tepat di Bengkel Spesialis, Biayanya Enggak Mahal Sob!

"Sementara sistem ABS di Volvo V70, spidometernya terkontrol di Wheel Speed Sensor yang berfungsi untuk pembacaan roda dari ABS ini," sambungnya.

Oddo menambahkan, biaya servis modul ABS Volvo V70 dipatok berdasarkan kondisinya.

Modul ABS Volvo V70
Doktervolvoblogspot.com
Modul ABS Volvo V70


"Modul ABS ini bisa diservis, biasanya kalau kondisi modulnya masih orisinal dan belum diutak-atik bengkel lain kami kenakan ongkos Rp 750 ribu. Tapi kalau pernah dikerjakan orang lain, kami harus rombak ulang lagi, jadi biayanya Rp 1 juta sampai Rp 1,5 juta" tutupnya.

Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa