Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Indonesia Otomotif Online Festival 2020

Mengenal Teknologi Intelligent Forward Collision Warning, Sistem Peringatan Tabrakan Canggih dari Nissan

Muhammad Rizqi Pradana - Selasa, 1 September 2020 | 16:55 WIB
Yuk mengenal lebih dalam soal teknologi Intelligent Forward Collision Warning, sistem peringatan tabrakan canggih dari Nissan.
Nissan
Yuk mengenal lebih dalam soal teknologi Intelligent Forward Collision Warning, sistem peringatan tabrakan canggih dari Nissan.

GridOto.com - PT Nissan Motor Indonesia (NMI) telah memperkenalkan teknologi Intelligent Forward Collision Warning mereka di ajang Indonesia Online Otomotif Festival 2020 (IOOF 2020).

Seperti namanya, teknologi Intelligent Forward Collision Warning didesain untuk membantu pengemudi mobil menghindari tabrakan dengan kendaraan di depannya.

Hiroko Wakita selaku Chief Marketing Manager NMI menjelaskan, cara kerja Intelligent Forward Collision Warning berawal dengan menilai keadaan di depan mobil tersebut.

“Intelligent Forward Collision Warning atau IFCW mendeteksi pergerakan mendadak dari kendaraan kedua yang berada di depan di jalur yang sama,” ujarnya di segmen Car Tech Update IOOF 2020, Jum’at (28/8/2020) lalu.

Baca Juga: Teknologi Intelligent Cruise Control Nissan Bikin Mobil Bisa Physical Distancing, Begini Caranya 

“Jika kendaraan tersebut terdeteksi bergerak secara tiba-tiba, seperti mengerem mendadak, IFCW akan memperingatkan pengemudi tentang adanya resiko tabrakan,” imbuhnya.

IFCW menggunakan sensor radar yang berada di belakang grill di bagian bawah bemper depan untuk mengukur jarak antara mobil kita dengan kendaraan kedua yang ada di depan di jalur yang sama.

Lokasi radar pada sistem Intelligent Forward Collision Warning System milik Nissan.
Nissan
Lokasi radar pada sistem Intelligent Forward Collision Warning System milik Nissan.

Pengurangan kecepatan atau perpindahan jalur yang tiba-tiba dari kendaraan kedua di depan kita akan mengaktifkan indikator display dan suara peringatan.

“Tujuannya agar pengemudi dapat bereaksi lebih cepat dan mengurangi resiko terjadinya tabrakan dengan kendaraan di depan,” ujar Wakita-san.

Editor : Eka Budhiansyah

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa