Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+
Advertorial

Anti Tekor, Begini Cara Praktis Merawat Mobil agar Kondisinya Tetap Prima

Fathia Yasmine - Selasa, 25 Agustus 2020 | 17:54 WIB
Ilustrasi pengecekan mobil secara mandiri
Dok. Shutterstock
Ilustrasi pengecekan mobil secara mandiri

GridOto.com – Rutinitas kerja yang padat, tak jarang membuat para pemilik lupa untuk melakukan pengecekan rutin terhadap mobilnya sendiri. Saking sibuknya, tak jarang kendaraan lupa dibersihkan. Pun dengan datang ke bengkel, asalkan bensin terisi penuh dan mobil bisa jalan, berarti mobil masih bisa digunakan.

Akhirnya, mobil hanya digunakan sebagai alat bantu untuk berpindah diri dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Padahal, rutin membersihkan mobil serta rajin datang ke bengkel untuk perawatan berkala, menjadi salah satu kunci agar kondisi mobil tetap prima.

Terutama bagi Sobat GridOto yang menempuh jarak jauh untuk pergi ke kantor, penggunaan mesin dalam waktu lama tentu akan berdampak pada daya pakai serta kinerja beberapa part yang ada di dalamnya. Alih-alih menunda datang ke bengkel karena tak ada keluhan, kerusakan mobil justru merambat.

Nah, supaya kondisi sparepart, interior, serta eksterior mobil tetap terjaga. Sobat GridOto dapat mengecek sendiri kondisi mobil di rumah tanpa memakan waktu lama melalui tips-tips berikut ini.

Baca Juga: Jadwal Lengkap Kegiatan Daihatsu di IOOF 2020, Ada Brand Interview Hingga Unboxing Mobil Baru Bersama Andre Taulany!

  1. Mulai dengan bagian luar

Sebelum memulai pengecekan ke bagian mesin, Sobat GridOto perlu memperhatikan kondisi luar mobil terlebih dahulu. Perhatikan kondisi lampu, talang air, wiper, spion, hingga pelek, apakah ada lampu yang mati atau talang air yang ternyata bocor atau patah tipis.

Jika ada, catatlah dahulu kerusakan yang ada dan seberapa parah kondisinya. Ini berguna agar Sobat GridOto bisa merencanakan waktu untuk memperbaiki atau membeli bagian yang rusak di hari-hari kerja atau ketika akan pergi ke luar rumah.

Selain itu, kondisi dalam mobil pun penting untuk diperhatikan, terutama bagi Sobat GridOto yang sering makan maupun mengonsumsi minuman di dalam mobil.

Remahan atau bekas makanan tak hanya membuat kotor bagian jok maupun karpet, tetapi juga dapat menimbulkan noda yang sulit hilang jika lama dibiarkan dan membuat interior seperti dashboard menjadi kusam.

 Baca Juga: Simpel dan Menawan Modifikasi BMW R nineT Dirombak Jadi Cafe Racer

Editor : Sheila Respati

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa