Lewat Polisi Tidur dengan Kencang Bikin Pelek Motor Bengkok, Benarkah?

Muhammad Farhan - Kamis, 13 Agustus 2020 | 15:40 WIB
Ilustrasi pengendara motor melewati polisi tidur atau speed trap
Dok. GridOto
Ilustrasi pengendara motor melewati polisi tidur atau speed trap

GridOto.com – Sering melewati polisi tidur atau speed trap dengan kencang tanpa mengerem bikin pelek motor bengkok, benarkah?

Adanya polisi tidur atau speed trap di jalan berfungsi untuk membuat pengendara mengurangi kecepatan kendaraan dan agar lebih berhati-hati.

Sama seperti motor yang sering dipakai melibas jalanan rusak dan berlubang, sebagian orang menganggap polisi tidur penyebab pelek motor bengkok.

“Kalau memang polisi tidurnya dibuat mengikuti standar yang berlaku harusnya aman, namun faktanya di jalan banyak yang tidak sesuai,” ujar Desanto, pemilik bengkel Top Press, Mampang, Jakarta Selatan.

Baca Juga: Cara Merawat Intercom Helm Cardo Gampang Banget, Disikat Juga Boleh

Seringkali kita temui speed trap yang dibuat berbentuk terlalu tinggi atau lancip, sehingga rawan jadi penyebab kerusakan di motor.

Meskipun demikian, pelek bengkok atau peyang diakui jarang disebabkan karena lewati polisi tidur tanpa mengurangi kecepatan.

Ilustrasi tromol roda motor aus dan bearing jebol
blogspot.com
Ilustrasi tromol roda motor aus dan bearing jebol

“Biasanya yang akan bermasalah ini bagian laher atau bearing roda atau bagian komstir, jadi cepat oblak akibat benturan yang dialami,” lengkapnya.

Sedangkan penyebab umum pelek peyang atau pecah adalah pada saat motor menghantam lubang atau jalan rusak dalam kecepatan tinggi.

Baca Juga: Penyebab Lampu MIL Motor Matic Menyala, Mendadak Tenaga Mesin Hilang

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa