Ternyata Yamaha WR 155R Tanpa Assist & Slipper Clutch, Ini Alasannya

Harry - Kamis, 6 Agustus 2020 | 20:06 WIB
Yamaha WR 155R
Rianto/Gridoto.com
Yamaha WR 155R

GridOto.com - Yamaha memanfaatkan mesin R15 V3 yang berkapasitas 155 cc SOHC 4 katup dengan VVA untuk berbagai jenis motor produksinya.

Mulai dari MT-15, V-Ixion R, XSR 155 dan terakhir adalah WR 155R. Secara basis, motor-motor tersebut pakai mesin yang sama.

(Baca Juga: Video Test Ride Yamaha WR 155R, Trail Yang Enak Banget Buat On Road)

Salah satu fitur yang dipasang adalah assist & slipper clutch, yang membantu pengoperasian kopling lebih ringan dan mencegah roda belakang terkunci saat down shift cepat.

Tapi anehnya fitur tersebut absen pada WR 155R loh, kira-kira kenapa begitu ya?

Mesin Yamaha WR 155R
Rianto/Gridoto.com
Mesin Yamaha WR 155R


Hal ini karena Yamaha menyesuaikan peruntukan motor ini yang memang dipakai untuk off road, dan menganggap assist & slipper clutch enggak dibutuhkan.

Karena saat melewati turunan curam, motor off road butuh engine brake yang kuat dan bukan enggak mungkin roda belakang sampai mengunci.

(Baca Juga: Jadi Kloningan Yamaha WR 155R, Trail Buatan Chongqing Motorcycle Ini Dibanderol Mulai Rp 7 jutaan, Begini Spesifikasinya)

Hal ini dibutuhkan untuk membantu menahan laju motor, selain menggunakan rem depan dan belakang.

Kalau WR 155R pakai assist & slipper clutch juga, sewaktu kondisi jalan menurun, yang ada malah motornya bisa nyelonong boy tuh hehehe...

Meski begitu, pengoperasian tuas kopling WR 155R masih tetap terasa ringan ditarik. Untuk dipakai harian nyaman, untuk off road enggak merepotkan.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Dimas Pradopo

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa