Dianggap Strategis Dekat Tol Mapan, Terminal Madyopuro Akan Malang Dirombak, Jadi Pangkalan Jip Buat ke Gunung Bromo

Ditta Aditya Pratama - Sabtu, 1 Agustus 2020 | 21:09 WIB
Terminal Madyopuro Malang akan jadi gerbang ke Wisata Gunung Bromo
Rifki Edgar / Surya
Terminal Madyopuro Malang akan jadi gerbang ke Wisata Gunung Bromo

GridOto.com - Dishub Kota Malang akan menjadikan Terminal Madyopuro sebagai terminal wisata dan rest area bagi turis yang hendak melancong ke Gunung Bromo.

Bahkan Kementerian Pariwisata telah menganggarkan dana sejumlah Rp 4 miliar untuk merombak Terminal Madyopuro.

Terminal yang terletak tidak jauh dari gerbang Tol Malang-Pandaan (Mapan) tersebut akan dijadikan sebagai starting poin bagi wisatawan yang akan berwisata ke Malang Raya dan Pengunungan Bromo, Tengger, Semeru.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Malang, Handi Priyanto menyampaikan, rencana pembangunan terminal wisata tersebut seharusnya direncanakan pada tahun ini.

Baca Juga: Tol Pandaan-Malang Alami Peningkatan Volume Kendaraan, Lebaran Idul Adha Banyak yang Melintas?

"Secara teknis yang mendapatkan DAK tersebut Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar). Tapi nanti yang mengelola tetap kami," ucapnya yang dikutip GridOto.com dari TribunJatim.com.

Terminal wisata tersebut nantinya akan didesain sedemikian rupa agar masyarakat yang mau berkunjung ke Kota Malang bisa beristirahat sebentar sebelum melanjutkan perjalanan.

Di terminal wisata Madyopuro, dikatakan Handi juga menjadi starting poin pemberangkatan mobil jeep yang akan mengantarkan penumpang ke Bromo.

Selain itu, dengan adanya terminal wisata Madyopuro juga menjadi sisi positif untuk keberlangsungan angkutan umum (mikrolet) di Kota Malang untuk lebih aktif beroperasi.

Baca Juga: Gelar Razia Operasi Patuh Semeru 2020 di Malam Minggu, Polisi Tilang Puluhan Pengendara Motor di Malang

Di mana mikrolet tersebut nantinya bisa mengangkut wisatawan dari Hotel maupun Stasiun untuk nantinya diturunkan di terminal wisata Madyopuro.

"Starting point ke Bromo dari Kota Malang sampai saat ini belum ada. Makannya kami manfaatkan terminal Madyopuro sebagai terminal wisata. Karena dengan adanya terminal wisata ini memiliki multi player effect yang cukup bagus," ucapnya.

Saat ini proses perencanaan pembangunan terminal wisata tersebut akan memasuki tahapan lelang.

Direncanakan, kata Handi, pembangunan akan dimulai pada tahun ini.

"Rencananya tahun ini (pengerjaannya), sekarang ini masih proses lelang," tandasnya.



Artikel ini telah tayang di Tribunjatim.com dengan judul Terminal Madyopuro Malang Bakal Jadi Terminal Wisata dan Rest Area, Anggaran Dana Capai 4 Miliar, https://jatim.tribunnews.com/2020/08/01/terminal-madyopuro-malang-bakal-jadi-terminal-wisata-dan-rest-area-anggaran-dana-capai-4-miliar?page=all.
Penulis: Rifki Edgar
Editor: Arie Noer Rachmawati

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa