Enggak Kayak di India, Suzuki Baleno Hatchback di Indonesia Aman dari Recall, Begini Penjelasannya

Muhammad Ermiel Zulfikar - Senin, 27 Juli 2020 | 17:30 WIB
Suzuki Baleno MT
Suzuki Baleno MT


GridOto.com - Kampanye pemanggilan kembali atau recall imbas komponen fuel pump (pompa bahan bakar) bermasalah turut dilakukan Suzuki Maruti di India.

Melansir marutisuzuki.com, sebanyak 134.855 unit WagonR dan Baleno Hatchback disarankan untuk segera dilakukan pergantian komponen yang bermasalah tersebut.

Tepatnya sebanyak 56.663 unit untuk Suzuki WagonR lansiran 15 November 2018 hingga 15 Oktober 2019, sedangkan 78.222 unit sisanya untuk Baleno Hatchback lansiran 8 Januari hingga 4 November 2019.

"Perusahaan akan melakukan 56.663 unit Wagon R dan 78.222 unit Baleno untuk mengetahui adanya kemungkinan masalah pada pompa bahan bakar. Komponen yang rusak akan diganti secara gratis," tulis pihak Maruti Suzuki dalam keterangan resminya, pada Rabu (15/7/2020).

Baca Juga: Rapor Penjualan Hatchback Mei 2020: Suzuki Baleno Memimpin, Tidak Satupun Tembus Ratusan Unit 

Walaupun tidak dijelaskan secara rinci, namun adanya masalah pada fuel pump ini bisa menyebabkan mesin mati mendadak atau susah dinyalakan akibat terhambatnya pasokan BBM ke ruang bakar.

Lantas, bagaimana dengan nasib Baleno Hatchback di Indonesia? Mengingat mobil tersebut didatangkan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) secara utuh (Completely Build Up/CBU) dari India.

Menanggapi hal itu, Harold Donnel, selaku Head of 4W Brand Development & Marketing Research SIS memastikan pihaknya tidak akan melakukan kampanye pemanggilan tersebut di Indonesia.

"Kalau Baleno (hatchback) sih kami enggak ada permasalahan sih ya, Indonesia aman," tutur pria yang akrab disapa Harold ini saat dihubungi GridOto.com, Senin (27/7/2020).

Baca Juga: Sisihkan Rp 280 ribu Tiap Bulan Untuk Bayar Pajak Suzuki Baleno MT 

Harold menjelaskan, alasan pihaknya tidak melakukan recall untuk Baleno Hatchback dikarenakan adanya perbedaan seri komponen antara di Indonesia dan India.

"Karena beberapa part yang kemarin di-recall berbeda spesifikasinya dengan di Indonesia. Jatuhnya di kita (Indonesia) enggak ada campaign recall tersebut walaupun produksinya dari India," papar Harold lagi.

"Jenis mungkin boleh sama, tapi kan produksi part bisa beda-beda, entah itu kode A, B, atau C. Nah, punya Indonesia enggak ada permasalahan tersebut," tandasnya.

Jadi begitu sob, bagi kalian pemilik Suzuki Baleno hatchback di Indonesia enggak perlu khawatir lagi ya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa