Mau Trabasan Sambil Liburan Dengan Motor Trail? Hal Ini Yang Harus Disiapkan

Harun Rasyid - Jumat, 24 Juli 2020 | 21:42 WIB
Ilustrasi trabasan dengan motor trail Honda CRF250RX
Honda Powersports
Ilustrasi trabasan dengan motor trail Honda CRF250RX

GridOto.com - Bagi penyuka kegiatan yang menantang, akhir pekan jadi waktu pas untuk pergi menjelajah atau trabasan dengan motor trail.

Selain itu, trabasan dengan trail kesayangan juga diyakini dapat menjadi sarana berlibur yang seru sekaligus memacu adrenalin.

Tapi sebelum pergi menaklukkan medan, motor trail perlu masuk bengkel agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan semisal mesin bermasalah.

Edwin Firmansyah selaku Owner bengkel spesialis motor trail, SMR 88 Trailshop di Depok mengatakan, banyak bagian motor trail yang harus dicek sebelum pergi menjelajah atau trabasan.

Baca Juga: Bikin Kece Tampilan Motor Trail, Modif Sokbreker Jadi Upside Down Segini Biayanya Sob!

"Yang namanya trabasan atau pergi ke gunung itu pasti harus prepare. Hampir semua bagian perlu dicek mulai dari mesin, pengapian, bagian rem, gearset termasuk rantai, kelistrikan dan pasti perlu servis juga," kata Edwin kepada GridOto.com, Jumat (24/7/2020).

"Selain servis, ganti oli mesin, cek kopling, bersihin karbu, cek kabel gas, lampu-lampu, transmisi, pengapian, minyak dan kampas rem atau cek keoptimalan sokbreker bagian depan maupun belakang juga perlu diperhatikan," lanjutnya.

Ilustrasi servis motor trail di bengkel
Harun/GridOto.com
Ilustrasi servis motor trail di bengkel


Edwin menyebut, biaya pengecekan motor sebelum berangkat trabasan di bengkelnya dibanderol cukup terjangkau.

"Kalau biaya pengecekan, sekaligus servis ringan cukup murah. Biayanya untuk satu motornya sekitar Rp 150 ribu untuk jasanya saja dan diluar biaya penggantian part yang nanti perlu diganti," sebutnya.

Baca Juga: Biaya Modifikasi Honda Win 100 Jadi Trail Tulen, Banyak Ubahannya Sob!

Nah selain itu, pengendaranya juga harus siap dan wajib memakai perangkat safety demi menghindari risiko cedera saat mengalami insiden yang tidak diinginkan.

"Biar aman pengendara trail juga harus siap fisiknya, kondisinya sehat dan pakai segala peralatan safety kayak 1 set protector, helm khusus motocross, sarung tangan, sepatu khusus dan goggle," tutup Edwin.

SMR 88 Trailshop

Jl. Tole Iskandar Raya, Sukamaju, Kota Depok, Jawa Barat.

Telp: (0851-0311-0555)

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa