Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kasus Begal Masih Marak Terjadi, Pemotor Bisa Lakukan Ini Biar Enggak Jadi Korban

Harun Rasyid - Sabtu, 18 Juli 2020 | 14:30 WIB
Ilustrasi Begal
Helmi
Ilustrasi Begal

GridOto.com - Rampok atau begal memang jadi momok menakutkan terutama untuk para pengendara motor yang sering dijadikan target operasinya.

Parahnya lagi, selain merampas kendaraan dan barang berharga lain, begal juga tak segan melukai atau bahkan menghabisi nyawa korban.

Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), mengatakan, hampir setiap hari ada saja kasus pembegalan di Indonesia.

"Begal memang seakan tidak ada habisnya, setiap hari ada saja kasusnya di berbagai daerah. Targetnya kebanyakan pasti motor karena lebih mudah dirampas dibanding mobil," ujar Jusri saat dihubungi GridOto.com, Jumat (17/7/2020).

Baca Juga: Naik Mobil Ini Dijamin Aman dari Begal, Mobil Mirip Tank Ini Namanya Rezvani Tank

Ia menyebut, banyak cara mengantisipasi terjadinya pembegalan, salah satunya dengan tidak memancing perhatian pelaku.

"Yang paling penting pemotor tidak boleh mengundang perhatian pelaku begal. Misalnya dengan memakai perhiasan atau pakaian berwarna mencolok. Usahakan juga pemotor harus tahu pola waktu yang sering dimanfaatkan pelaku begal, tujuannya agar tidak sampai diintai, dikejar atau ditodong," sebut Jusri.

Kendaraan hasil sitaan polisi dari hasil begal
Istimewa
Kendaraan hasil sitaan polisi dari hasil begal


Tindakan preventif lainnya, yaitu mengetahui korban yang sering dijadikan target operasi pembegalan.

"Biasanya begal mengincar korban yang terbilang mudah, seperti remaja atau orang tua yang sudah berumur. Kalau dilihat dari gendernya juga, biasanya wanita sering jadi korban. Kemudian begal juga sering mengincar merek motor yang harganya mahal atau mudah dijual serta barang lainnya seperti handphone, perhiasan atau tas," ungkap Jusri.

Baca Juga: Polres Jayawijaya Catat Kasus Kriminalitas di Jalan Meningkat Selama Pandemi Corona, Begini Penanganannya

"Jadi jangan memakai barang mahal yang mengundang tindak kejahatan di waktu begal beraksi, seperti malam atau dini hari. Penyimpanan barang tersebut juga perlu diperhatikan taruhlah di tempat yang aman seperti bagasi atau bawah jok," sambungnya.

Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa