Cegah Bocor, Lakukan Hal Ini Supaya Tangki Bensin Motor Awet Lama

Muhammad Farhan - Selasa, 14 Juli 2020 | 17:40 WIB
Ilustrasi isi bensin
Salim / GridOto.com
Ilustrasi isi bensin

GridOto.com – Cegah terjadinya kebocoran, lakukan beberapa hal ini supaya tangki bensin di motor bisa bebas karat dan awet lama.

Tanpa disadari, air punya peluang masuk ke dalam tangki bensin dan menimbulkan berbagai masalah seperti tangki bocor akibat terserang karat.

Meskipun tidak perlu perawatan khusus, kebiasaan pengguna jadi faktor utama penentu keawetan tangki bensin.

“Jarang atau sering dipakai, usahakan tangki bensin selalu terisi minimal setengah dari kapasitas tangki itu sendiri,” ujar Chandra, mekanik PB Motor, Pamulang, Tangerang Selatan.

Baca Juga: Wireless Headset Buat Helm Ini Cuma Rp 170 Ribuan, Apa kelebihannya?

Sebab, semakin penuh bensin terisi di tangki, peluang terjadinya ruang untuk pengembunan udara di dalam jadi semakin kecil.

Hadir karena beda suhu antara luar dan dalam tangki, embun lalu berubah jadi air dan mengendap di dasar tangki sehingga timbul lumpur dan karat.

Ilustrasi kuras tangki bensin
Uje
Ilustrasi kuras tangki bensin

Lebih rentan, parkir di tempat terbuka yang terkena sinar Matahari atau hujan langsung sebaiknya dihindari terutama motor tipe sport yang tangkinya diluar.

“Periksa juga karet tutup tangki, apabila sudah tipis atau getas segera diganti baru karena air jadi lebih mudah masuk terutama ketika cuci steam atau musim hujan,” tambahnya.

Baca Juga: Lakukan Cara Ini Agar Motor Lawas Bisa Minum Bensin Oktan Tinggi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa