Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jangan Pakai Oli Mesin Lebih Encer dari Spek Bawaan, Ini Akibatnya

Radityo Herdianto - Rabu, 8 Juli 2020 | 10:00 WIB
PTT Oil 10W-40 untuk Mobil Mesin Bensin
Radityo Herdianto / GridOto.com
PTT Oil 10W-40 untuk Mobil Mesin Bensin

GridOto.com - Jangan pakai jenis oli mesin lebih encer dari spesifikasi yang direkomendasikan pabrikan, karena ini akibatnya.

Baik jenis oli kental atau encer yang dilihat dari angka Society of Automotive Engineers (SAE) harus disesuaikan dengan spesifikasi mesin mobil.

Misalkan mesin mobil yang pakai oli SAE 10W-30 jika pakai oli mesin SAE 0W-20 bisa memicu sejumlah masalah.

"Mesin otomatis jadi lebih panas karena sifat molekul oli encer yang tidak bisa meredam suhu panas tinggi yang dihasilkan mesin," ujar Alvin Suwarna, Director PTT Oil Indonesia kepada GridOto.com.

Menurut Alvin, sejatinya penggunaan jenis oli kental diperuntukan mesin yang punya karakter panas karena cenderung mengalami friksi yang lebih besar.

Oli Mesin dengan viskositas 0W-20
Ryan/GridOto.com
Oli Mesin dengan viskositas 0W-20

Baca Juga: Jangan Asal Besar, Ini Prinsip Ganti Ukuran Cakram Rem Mobil

"Kalau dibiarkan molekul oli bisa cepat rusak, usia pakai oli mesin jadi lebih cepat karena sudah kehilangan daya pelumasan," jelas Alvin.

Selain itu oli mesin yang lebih kental sejatinya digunakan untuk mesin dengan celah komponen yang lebih lebar daripada oli encer yang sesuai dengan karakter celah komponen mesin lebih rapat.

"Menggunakan oli encer malah membuat sirkulasi oli di dalam mesin tidak optimal, terutama oli jadi sulit naik ke bagian atas," tutur Alvin.

Lanjut Alvin, karakter molekul oli encer tidak bisa mengikat di permukaan komponen untuk mengisi celah yang terjadi gesekan sehingga oli lebih cepat turun.

"Jadinya friksi komponen yang sudah besar malah semakin besar, tidak ada pelumasan di komponen memicu keausan yang lebih cepat," tambah Alvin.

Editor : Dwi Wahyu R.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa