Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jangan Keliru, Ini Bedanya Oli Full Synthetic dengan Pure Synthetic

Radityo Herdianto - Jumat, 3 Juli 2020 | 09:00 WIB
PTT Oil 5W-50 Full Synthetic
Radityo Herdianto / GridOto.com
PTT Oil 5W-50 Full Synthetic

GridOto.com - Bukan jenis oli yang sama, ternyata oli sintetik (full synthetic) dengan pure synthetic merupakan jenis oli yang punya perbedaan.

Sudah cukup banyak produk oli sintetik yang dijual di pasaran, sejalan dengan menyesuaikan spesifikasi mesin mobil produksi sekarang.

Namun, masih banyak yang keliru jenis oli mesin mobil sintetik seringkali disamakan dengan jenis oli pure sintetik.

"Dari proses pembuatannya memang kedua jenis ini menggunakan unsur kimia sintetis sebagai bahan utama kandungan oli," buka Alvin Suwarna, Director PTT Oil Indonesia kepada GridOto.com.

Tambah Alvin, oli sintetik tetap menggunakan base oil dari minyak bumi yang kemudian disuling kembali untuk diambil molekul dasar olinya saja.

Ilustrasi Oli Pure Sintetik
Ilustrasi Oli Pure Sintetik

Baca Juga: Oli Mineral dan Oli Sintetik untuk Mesin Mobil, Ternyata Ini Bedanya

"Molekul dasar base oil kembali melewati proses kimiawi sampai terbentuk unsur oli sintetis seperti contohnya ester oil," terang Alvin.

Lanjut Alvin, bedanya dengan pure sintetik jenis oli ini sama sekali tidak menggunakan bahan ataupun molekul utama dari base oil minyak bumi.

"Jadi molekul dasar base oil dibuat atau dimodifikasi oleh manusia dengan dengan proses kimia khusus, membuat molekul yang mirip atau sejenis dari yang minyak bumi," kata Alvin.

Dengan kata lain kandungan molekul dasar dan molekul pendukung di dalam oli pure sintetik adalah 100 persen mengandalkan unsur kimia buatan manusia.

"Oli pure sintetik memang tidak begitu populer, harganya mahal, dan lebih sering digunakan untuk kompetisi karena ada riset dan pengembangan khusus," sebut Alvin.

Editor : Dwi Wahyu R.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa