Street Manners: Resiko Mengintai Berkendara Motor Dengan Bike Rack dan Angkut Sepeda

Yuka Samudera - Kamis, 2 Juli 2020 | 17:46 WIB
Modifikasi bike rack di sepeda motor, aman kah?
bukalapak.com
Modifikasi bike rack di sepeda motor, aman kah?

GridOto.com - Sobat pasti menyadari aktivitas bersepeda kini begitu marak. Bahkan hampir setiap hari kita bisa melihat para pesepeda di jalan raya atau di spot-spot tertentu.

Mulai pengguna sepeda lipat, sepeda gunung, sepeda BMX, sepeda fixie dan lainnya.

Tidak hanya aktivitas bersepeda yang kini menjadi sorotan. Ada beberapa hal lain yang berhubungan dengan sepeda, termasuk munculnya ide angkut sepeda dengan motor. 

Yups di beberapa marketplace kini sudah dijual bebas bike rack atau bracket pegangan untuk meletakkan sepeda di motor. Termasuk dengan bracket custom yang dibikin para modifikator.

Biasanya, pesepeda memasang alat tambahan ini agar bisa ke titik tujuan dimana ia ingin bersepeda. Jadi ada istilah dari rumah motoran, sampai sana baru bersepeda.

Ilustrasi membawa sepeda di motor.
tokopedia.com
Ilustrasi membawa sepeda di motor.
Tapi sebenarnya aman enggak sih memodifikasi motor dengan memasang bike rack ini?

GridOto Modif menghubungi Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), yaitu Sony Susmana, untuk menjelaskan tentang penambahan bike rack ini dari perspektif modifikasi.

"Bracket atau bike rack yang dijual atau dibuat secara custom dan dipasang di motor itu kan belum diuji keamanannya. Kalau dilihat dari perspektif kemudahan dan simpelnya, ya jelas memenuhi syarat, tapi tidak dari sisi keamanan," buka Sony Susmana atau yang lebih akrab dipanggil Sony.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa