Mesin Honda Jazz Terbaru Bakal Adopsi Teknologi Balap F1, Tenaga Makin Responsif?

Harun Rasyid - Kamis, 25 Juni 2020 | 14:12 WIB
Honda Jazz versi Inggris dan mobil balap F1 Honda
Istimewa
Honda Jazz versi Inggris dan mobil balap F1 Honda

GridOto.com - Honda Motor Europe Ltd. selaku agen pemegang merek Honda di Inggris berinisiatif memasang mesin hybrid yang diadopsi dari teknologi balap ke model terbaru All New Honda Jazz.

All New Honda Jazz sendiri ditargetkan meluncur di negeri Ratu Elizabeth akhir tahun ini.

Berbekal pengalaman di tim balap Formula1, Honda merancang power unit (PU) hybrid dengan nama e:HEV untuk hatchback pesaing Toyota Yaris tersebut 

Selain itu, mesin hybrid RA620H berkapasitas 1.600 cc enam silinder (dipakai tim Red Bull dan AlphaTauri saat ini) akan didaur ulang, terutama dari segi pengereman dan gas buang.

Baca Juga: Harga Mobil Bekas Honda Jazz Mulai Rp 60 Jutaan, Dapat Tipe i-DSI

Hal ini dilakukan demi memberi tenaga tambahan dan mengurangi gejala lag atau tarikan mesin kurang responsif di mesin tersebut.

Yasuaki Asaki selaku Head of PU Development Honda Motor Europe Ltd. menjelaskan, sepanjang balap F1, pihaknya telah mengukur berapa besar konsumsi BBM yang sesuai dengan regulasi balap.

Mobil tim AlphaTauri Honda di F1
Istimewa
Mobil tim AlphaTauri Honda di F1


"Namun, ada beberapa situasi di mana kami berharap dapat menggunakan lebih banyak bahan bakar untuk meningkatkan performa atau pada situasi kami juga ingin menghemat lebih banyak bahan bakar, misalnya saat mobil kami sedang berjalan di belakang safety car," ujar Yasuaki dalam keterangan resminya, Kamis (25/6/2020).

Akhirnya berdasarkan situasi di ajang balap jet darat tersebut, mesin e:HEV mampu menghasilkan tenaga yang besar namun dengan rasio efisiensi bahan bakar terbaik pada berbagai mode berkendara.

Baca Juga: Asal Selonong Keluar Gang, Pengendara Suzuki Thunder Disambar Honda Jazz Sampai Bumper Copot, Begini Kronologinya

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Fendi

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa