Pasang Anti Roll Bar Bisa Reduksi Body Roll Mobil, Ini Penjelasannya

Radityo Herdianto - Kamis, 25 Juni 2020 | 08:47 WIB
Ilustrasi Pasang Anti Roll Bar di Sasis Mobil Bagian Belakang
www.heeltoeauto.com
Ilustrasi Pasang Anti Roll Bar di Sasis Mobil Bagian Belakang

GridOto.com - Body roll menjadi masalah utama mobil saat manuver sehingga mengurangi pengendalian mobil.

Sebagai solusi pemilik mobil bisa menggunakan part anti roll bar yang banyak ditemukan di pasaran produk aftermarket.

Hans Steven, pemilik bengkel spesialis Speed'Z Performance menjelaskan mengapa anti roll bar bisa mereduksi gejala body roll manuver mobil.

"Sewaktu mobil belok akan terjadi fleksibilitas sasis dimana bagian belakang jadi lebih melengkung yang memicu gejala body roll," ujar Hans kepada GridOto.com.

Lanjut Hans, kondisi ini dipicu karena adanya perpindahan beban dari depan ke belakang ketika roda berbelok sebagai titik tumpu pengendalian dan bagian belakang terjadi efek 'terlempar'.

Anti Roll Bar Ultra Racing
Radityo Herdianto / GridOto.com
Anti Roll Bar Ultra Racing

Baca Juga: Semakin Tua Usia Mobil Perlu Jenis Oli yang Kental, Ini Alasannya

"Untuk mengatasinya berarti sasis bagian belakang perlu dibuat lebih rigid supaya geraknya sama antara depan dan belakang, untuk itulah dipasang anti roll bar," terang Hans.

Anti roll bar dipasang pada dudukan sasis bagian tengah ke belakang sisi kiri dan kanan yang dihubungkan dengan batang besi melintang.

"Besi melintang ini sebagai penopang utama yang menyatukan sasis kiri dan kanan tengah ke belakang untuk mengurangi fleksibilitas sasis," sebut Hans.

Menurut Hans, bagian besi melintang ini berperan untuk meratakan pembagian beban dari depan ke belakang sehingga kemiringan sasis keseluruhan seragam saat mobil bermanuver.

"Kemiringan mobil saat berbelok bisa direduksi karena bagian belakang sudah rigid, gejala limbung akibat body roll dari fleksibilitas sasis bisa dikurangi," tekan Hans.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Dwi Wahyu R.

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa