Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jangan Pakai Oli Mesin Bensin di Mobil Mesin Diesel, Ini Dampaknya

Radityo Herdianto - Jumat, 19 Juni 2020 | 08:00 WIB
PTT Oil 10W-40 untuk Mobil Mesin Bensin
Radityo Herdianto / GridOto.com
PTT Oil 10W-40 untuk Mobil Mesin Bensin

GridOto.com - Setiap produk oli mobil memiliki spesifikasi yang beragam disesuaikan dengan jenis mesin mobil.

Tidak terkecuali oli mesin untuk mobil diesel juga dibedakan dengan oli yang digunakan untuk mobil dengan mesin bensin.

Bukan hanya sekedar diferensiasi produk, ternyata menggunakan oli mesin bensin di mobil diesel bisa memberikan dampak buruk.

"Mesin diesel saat bekerja menghasilkan suhu sekitar 120 derajat celsius, lebih tinggi dari mesin bensin yang berkisar di 80 hingga 90 derajat celsius," buka Alvin Suwarna, Director PTT Oil Indonesia kepada GridOto.com.

Lanjut Alvin, kalau pakai oli mesin bensin yang ada oli di dalam mesin bisa lebih cepat habis karena mengalami penguapan sehingga mengurangi pelumasan komponen di dalam mesin.

Oli Mesin Diesel PTT Oil
Radityo Herdianto / GridOto.com

Baca Juga: Sering Isi BBM Diesel Kualitas Rendah, Ini yang Terjadi Pada Mesin

"Meskipun punya viskositas yang sama, oli mesin bensin cenderung punya titik didih yang lebih rendah dari oli mesin diesel," terang Alvin.

Menurut Alviin, oli mesin diesel memiliki molekul khusus dimana oli bisa tetap melumasi komponen tanpa mengalami penguapan di suhu tinggi sehingga disebut dengan istilah oli heavy duty.

Di sisi lain, oli mesin diesel punya angka Total Base Number (TBN) yang tinggi sebagai senyawa basa untuk menetralkan kadar asam bahan bakar diesel yang tinggi.

"TBN oli mesin bensin lebih rendah dan lebih cepat turun, kalau dipakai di mobil diesel akan kalah sama asam dari bahan bakar diesel," tekan Alvin.

"Efeknya ruang bakar mesin mobil diesel bisa lebih cepat korosif karena kadar asam bereaksi dengan material logam, konstruksi ruang bakar melemah dan rentan jebol," tegas Alvin.

Editor : Dwi Wahyu R.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa