Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mengenal Istilah Dry Carbon, Bikin Panel Carbon Fiber Jadi 'Istimewa'

Radityo Herdianto - Sabtu, 13 Juni 2020 | 09:00 WIB
Spoiler Ascension R berbahan serat karbon pada Tesal Model Y
Formacar
Spoiler Ascension R berbahan serat karbon pada Tesal Model Y

GridOto.com - Penggunaan panel carbon fiber pada mobil secara garis besar digunakan untuk dua hal, estetika atau fungsi.

Dari segi estetika, panel carbon fiber bisa dibuat secara lebih sederhana seperti model lay on atau melapis panel asli dengan lembaran serat karbon.

Bagi yang ingin mengejar fungsi tanpa mengurangi estetika, ada salah satu jenis carbon fiber yang 'istimewa' yaitu dry carbon

"Prinsip dasar dry carbon adalah penggabungan dari bahan serat karbon dengan cairan resin harus 1:1," tekan Christopher Nicholas, pemilik workshop Prestige Carbon, Jakarta Barat kepada GridOto.com.

Perbandingan yang dimaksud adalah berat dari beberapa lembar serat karbon harus sama dengan berat cairan resin yang dipakai saat proses pressure.

Ilustrasi. Material Bodi Formula E Menggunakan Dry Carbon Fiber
Nissan
Ilustrasi. Material Bodi Formula E Menggunakan Dry Carbon Fiber

Baca Juga: Street Manners: Waspada Bahaya Gejala Microsleep Saat Mengemudi

"Sejatinya resin dan karbon adalah dua materi yang berbeda, perbandingan yang seimbang menghasilkan bahan komposit yang konstruksinya kuat," tutur Christopher.

Hasilnya akan terbentuk panel carbon fiber yang tipis dan ringan sehingga mudah dibentuk sampai tekukan detail, tapi tetap mempertahankan kekuatan konstruksi serat karbon itu sendiri.

"Dry carbon memang dibuat untuk performance karena mengejar fungsi seperti tahan suhu tinggi, pengurangan bobot, serta rigiditasnya kuat," terang Christopher.

Tambah Christopher, perbandingan kombinasi berat lembaran serat karbon dengan resin yang tidak seimbang malah mengacaukan konstruksi panel carbon fiber.

"Ibarat semen dengan rangka baja untuk membuat tembok, kalau semen lebih tebal dari rangka baja malah bikin tembok itu rapuh, begitu juga sebaliknya," jelas Christopher.

Editor : Dwi Wahyu R.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa