Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Marka Garis Ala Starting Grid MotoGP Dinilai Efektif, Dishub Kabupaten Tuban Bakal Tambah Lokasinya

Ruditya Yogi Wardana - Rabu, 10 Juni 2020 | 19:00 WIB
Marka garis mirip starting grid lintasan MotoGP.
Dok. Dishub Tuban
Marka garis mirip starting grid lintasan MotoGP.

Gridoto.com - Sebelumnya, Dinas Perhubungan (Dishub) sempat menerapkan garis mirip starting grid lintasan MotoGP di Persimpangan Kembang Ijo, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Tak disangka, langkah tersebut dinilai efektif untuk membuat para pengendara melakukan physical distancing di traffic light.

Pengendara motor menempati marka yang ada di ruang perhentian khusus, sedangkan mobil berhenti di belakang garis yang sudah disediakan.

Mengetahui hal tersebut, Dishub Kabupaten Tuban berencana akan menambah garis mirip starting grid MotoGP ini di sejumlah titik lain.

Baca Juga: Mirip Grid Start di MotoGP, Kota Ini Terapkan Physical Distancing di Jalan Raya untuk Tempat Motor Berhenti

"Starting grid ini sangat efektif untuk mengurai kepadatan pengendara di lampu merah. Akan kita berlakukan di sejumlah titik lainnya," kata Kepala Dishub Kabupaten Tuban, Muji Slamet, Rabu (10/06/2020).

Muji menjelaskan, marka garis tersebut rencananya diterapkan juga pada tiga lokasi lain yaitu di Perempatan Patung Letda Sutjipto, namun hanya untuk arah Barat dan Timur.

Kemudian di Perempatan Sambong dan Jalan Pemuda Selatan diberlakukan untuk empat arah.

"Akan segera kami buat, karena sangat efektif mengurai kerumunan pengendara," jelas Muji.

Baca Juga: Dishub Tuban Bikin Pemberhentian di Lampu Merah Mirip Starting Grid MotoGP, Begini Tanggapan Pakar Safety

Menurut Muji, pihaknya juga bisa memonitori aktivitas penerapan marka garis yang diterapkan di Perempatan Kembang Ijo melalui kamera CCTV.

Dari rekaman CCTV terlihat para pengendara dengan tertib berbaris di marka yang sudah disediakan dan tetap mematuhi imbauan pemerintah, seperti menggunakan masker.

"Pengendara bisa kami pantau. Tertib semua (saat) mulai diterapkan Kamis, 4 Juni 2020. Sangat efektif untuk mengurai kerumunan pengendara di traffic light," pungkas Muji.

Artikel ini telah tayang di Tribunjatim.com dengan judul Dishub Kabupaten Tuban Bakal Tambah Starting Grid, Efektif Jaga Jarak Pengendara di Tengah Covid-19

Editor : Fendi
Sumber : TribunJatim.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa