Sosialisasi Berakhir, Ruas Tol Pakis-Malang Resmi Berbayar Akhir Pekan Ini, Begini Rinciannya

Muhammad Ermiel Zulfikar - Kamis, 4 Juni 2020 | 19:15 WIB
Gerbang Tol Malang.
Dok. Jasa Marga
Gerbang Tol Malang.

GridOto.com - Jalan Tol Pandaan Malang Seksi V (Pakis-Malang) resmi diberlakukan tarif normal atau berbayar akhir pekan ini, atau tepatnya pada Sabtu (6/6/2020) pukul 00.00 WIB.

Besaran tarif tol sesuai dengan Keputusan Menteri (Kepmen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 330/KPTS/M/2020 tanggal 6 April 2020.

Agus Purnomo, selaku Direktur Utama PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM) menjelaskan, periode sosialisasi yang diberlakukan cukup panjang sejak ruas tersebut telah diuji coba pengoperasiannya tanpa tarif pada 7 April 2020 lalu.

Baca Juga: Proyeknya Dikabarkan Terkendala Virus Corona, Tol Mapan Seksi V Ternyata Siap Beroperasi, Segini Tarifnya 

Hal ini tidak lepas dari adanya kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk wilayah Malang Raya dan sekitarnya akibat pandemi Covid-19.

"Namun dengan telah berakhirnya PSBB untuk wilayah Malang Raya dan sekitarnya pada tanggal 31 Mei lalu, maka tarif tol Ruas Pakis-Malang (Seksi V) diberlakukan mulai Sabtu dini hari, tanggal 6 Juni 2020 pukul 00.00 WIB," ungkap Agus dalam siaran resmi Jasa Marga, Kamis (4/6/2020).

Adapun tarif yang dikenakan dari Gerbang Tol (GT) Pakis menuju GT Malang untuk golongan I sebesar Rp 3.000, Golongan II dan III Rp 4.000, serta Golongan IV dan V Rp 5.500.

"Kami mengimbau kepada pengguna jalan tol untuk menghindari saldo kurang yang berpotensi menimbulkan antrean panjang di Gerbang Tol, dan selalu memastikan kecukupan saldo uang elektronik sebelum melakukan perjalanan," tutup Agus.

Baca Juga: Gerbang Tol Mapan di Madyopuro Resmi Dibuka, Belum Dikenakan Tarif Sob 

Sebagai informasi, Ruas Tol Pakis-Malang merupakan bagian terakhir atau seksi kelima dari Jalan Tol Pandaan Malang sepanjang 38,48 km.

Tepatnya Seksi I Pandaan-Purwodadi sepanjang 15,475 km, Seksi II Purwodadi-Lawang sepanjang 8,050 km, Seksi III Lawang-Singosari sepanjang 7,1 km, Seksi IV Singosari-Pakis sepanjang 4,75 km dan Seksi V Pakis-Malang sepanjang 3,113 km.

Dengan rampungnya seluruh seksi, maka Tol Pandaan-Malang telah beroperasi secara penuh dan dapat langsung menjangkau pusat Kota Malang.

Tarif Tol yang diberlakukan pada jalan Tol Pandaan Malang Seksi V Pakis-Malang.
Dok. Jasa Marga.
Tarif Tol yang diberlakukan pada jalan Tol Pandaan Malang Seksi V Pakis-Malang.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa