Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pemkab Malang Tolak Pembangunan Exit Tol Pakis. Begini Alasannya!

Gayuh Satriyo Wibowo - Sabtu, 8 Juni 2019 | 19:00 WIB
Exit Tol Singosari Malang-Pandaan
Exit Tol Singosari Malang-Pandaan

GridOto.com - Pemkab Malang menentang rencana pembangunan Exit Tol Pakis karena rencananya jalur tersebut akan digunakan sebagai jalan keluar kendaraan besar.

Hal tersebut ditakutkan akan merusak jalan di kawasan Pakis yang saat ini masih berstatus sebagai jalan kabupaten.

Dilansir dari Tribunmadura.com, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Bina Marga Kabupaten Malang, Romdhoni menuturkan penolakan tersebut dilatar belakangi status jalan di kawasan Pakis yang merupakan jalan kabupaten.

"Kami sudah berkirim ke PT Jasa Marga Pandaan-Malang supaya pintu keluar bagi kendaraan besar itu tetap di exit tol Singosari saja," kata Romdhoni, Sabtu (8/6/2019).

(Baca Juga: Begini Penjelasan Jasa Marga Mengenai Struk Bukti Transaksi Tol)

Sebenarnya, kata Romdhoni, Pemkab Malang telah mengusulkan agar jalan disekitar exit tol Pakis berubah status menjadi jalan nasional atau sama seperti ruas jalan di sekitar exit tol Singosari.

Jalur awal kendaraan besar sebenarnya melalui rute Arjosari, Malang karena pada dasarnya jalur Pakis jarang digunakan oleh kendaraan besar.

"Kami menyambut positif kok jalan Tol Pandaan-Malang ini, buktinya kami telah memperbaiki jalur di sekitar exit tol Pakis," ujar Romdhoni.

"Keberatan kami hanya mohon kendaraan besar tidak lewat exit tol Pakis, itu saja," sambung dia.

Sementara itu, Direktur Utama PT Jasa Marga Pandaan-Malang, Agus Purnomo, menyambut baik keberatan yang disampaikan Pemkab Malang.

(Baca Juga: Catat! Ini 12 Titik Rawan Macet Pada Arus Balik di Jawa Timur)

Menyambut baik keberatan tersebut, Agus purnomo mengatakan rambu-rambu agar kendaraan besar keluar melalui exit tol Singosari siap dipasang.

"Kami pasang supaya kendaraan besar tidak keluar exit tol Pakis. Kalau ada yang memaksa kan nanti ada polisi yang menindak," kata Agus Purnomo.

Ia mengaku, waktu rambu-rambu tersebut akan dipasang belum bisa dipastikan.

Agus pun mengatakan bahwa pada arus mudik Lebaran 2019, seksi 4 Tol Pandaan-Malang yang menghubungkan Kecamatan Singosari hingga Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, telah difungsionalkan dalam tahap ujicoba.

"Kan saat ini masih fungsional. Kendaraan besar juga nggak boleh lewat," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunmadura.com dengan judul, "Pemkab Malang Tolak Pembangunan Exit Tol Pakis, Status Jalan di Kawasan Setempat Jadi Penyebabnya."

Editor : Hendra
Sumber : tribunmadura.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa