Bangkrut Tapi Masih Bisa Beroperasi, Ini Arti Chapter 11 Bankruptcy yang Digunakan Rental Mobil Hertz Untuk Mengajukan Bangkrut!

Muhammad Rizqi Pradana - Senin, 1 Juni 2020 | 18:09 WIB
Meskipun mengajukan bangkrut atau pailit, perusahaan raksasa rental mobil Hertz masih bisa beroperasi berkat Kepailitan Bab 11, apa artinya?
twitter/@Hertz
Meskipun mengajukan bangkrut atau pailit, perusahaan raksasa rental mobil Hertz masih bisa beroperasi berkat Kepailitan Bab 11, apa artinya?

GridOto.com - Akibat pandemi Covid-19 atau virus Corona, perusahaan raksasa rental mobil Hertz harus mengajukan bangkrut atau pailit.

Perusahaan asal Amerika Serikat tersebut mengajukan pailit menggunakan UU Kepailitan Amerika Serikat Bab 11, atau lebih dikenal sebagai Chapter 11 Bankruptcy (Kepailitan Bab 11).

Tidak hanya Hertz, Kepailitan Bab 11 juga sempat dipakai oleh Harley-Davidson dan General Motors, pabrikan motor dan mobil legendaris asal Negeri Paman Sam untuk mengajukan pailit.

Tapi apa sih sebenarnya Kepailitan Bab 11 itu?

Baca Juga: Perusahaan Rental Mobil Hertz Bangkrut ‘Digilas’ Pandemi Covid-19, Industri Otomotif Kena Getahnya Karena Ini

Kepailitan Bab 11 sendiri merupakan salah satu cara mengajukan pailit yang diatur dalam UU Kepailitan Amerika Serikat.

Ada beberapa cara mengajukan pailit lain yang diatur dalam UU tersebut, namun dua cara paling umum yang dapat digunakan oleh perusahaan adalah Bab 7 dan Bab 11.

Kepailitan Bab 7 juga dikenal sebagai likuidasi, atau pembubaran perusahaan dengan cara melakukan penjualan aset-aset perusahaan, termasuk properti intelektual seperti logo dan nama dagang, untuk membayar para kreditornya.

Dengan kata lain, debitur, dalam hal ini perusahaan yang mengajukan pailit, yang  menggunakan Kepailitan Bab 7 tidak akan bisa beroperasi lagi, setidaknya dengan nama dagang yang sama.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Eka Budhiansyah
Sumber : vox.com,uscourts.gov,upsolve.org

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa