Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jakarta Mulai Diserbu Pengguna Jalan Tol di Hari Kedua Lebaran 2020, Tercatat 55 Ribu Kendaraan Datang dari Luar Daerah

Muhammad Ermiel Zulfikar - Selasa, 26 Mei 2020 | 18:50 WIB
Ilustrasi. Gerbang Tol Cikampek Utama.
Istimewa.
Ilustrasi. Gerbang Tol Cikampek Utama.

GridOto.com - Sebanyak 55.776 kendaraan tercatat oleh PT Jasa Marga (Persero) menuju DKI Jakarta dari arah Timur, Barat dan Selatan via tol pada hari kedua Lebaran tahun ini, Senin (25/5/2020).

Dwimawan Heru, selaku Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga mengungkapkan, volume lalu lintas (lalin) silahturahmi Lebaran yang menuju Jakarta ini mengalami penurunan 63 persen, jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

"Untuk distribusi lalu lintas menuju Jakarta sebesar 33,3 persen dari arah Timur, 30,7 persen dari arah Barat dan 36 persen dari arah Selatan," papar Heru dalam siaran resmi Jasa Marga, Selasa (26/5/2020)

Baca Juga: Hingga H-2 Lebaran, Jasa Marga Catat 430 Ribu Kendaraan Meninggalkan Jakarta Via Tol, Turun 61 Persen Jika Dibandingkan Tahun Lalu 

Sebagai rincian, jumlah kendaraan yang menuju Jakarta dari arah Selatan melalui Gerbang Tol (GT) Ciawi 2 Jalan Tol Jagorawi tercatat sebesar 20.085 kendaraan.

Terjadi penurunan sebesar 31 persen, jika dibandingkan dengan periode yang sama pada Lebaran 2019 lalu.

Kemudian Jasa Marga juga mencatat sebanyak 17.098 kendaraan menuju Jakarta dari arah Barat melalui GT Cikupa Jalan Tol Merak-Tangerang.

"Turun sebesar 31 persen dari Lebaran tahun 2019," papar Heru lagi.

Baca Juga: Hendak Mudik, Ribuan Kendaraan Disuruh Putar Balik oleh Polisi dan Jasa Marga di Tol Jakarta Cikampek 

Sementara itu jumlah kendaraan yang menuju Jakarta dari arah Timur sebanyak 18.593 kendaraan, atau turun 77 persen jika dibandingkan periode yang sama pada Lebaran 2019 lalu.

Adapun angka tersebut merupakan kontribusi lalin dari dua Gerbang Tol (GT) pengganti GT Cikarang Utama, yakni GT Cikampek Utama 2 sebanyak 9.446 kendaraan dan GT Kalihurip Utama 2 sebanyak 9.147 kendaraan.

Masih menurut Heru, pihaknya pun mengimbau bagi para pengguna jalan tol untuk berpartisipasi aktif dalam mencegah penularan Covid-19, dengan tidak mudik dan tidak piknik selama periode libur Lebaran 2020 ini.

"Selain itu batasi perjalanan dan jaga jarak, keluar rumah hanya untuk keadaan yang mendesak serta wajib mengenakan masker jika harus beraktivitas di luar rumah," tandasnya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa