Hingga H-4 Jelang Lebaran, Jasa Marga Catat Ratusan Ribu Kendaraan Keluar Jakarta, Tapi...

Muhammad Ermiel Zulfikar - Kamis, 21 Mei 2020 | 21:20 WIB
Ratusan kendaraan tercatat PT Jasa Marga (Persero) meninggalkan Jakarta melalui Jalan Tol.
Dok. Jasa Marga.
Ratusan kendaraan tercatat PT Jasa Marga (Persero) meninggalkan Jakarta melalui Jalan Tol.

GridOto.com - Sebanyak 306.682 kendaraan tercatat oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk meninggalkan Jakarta melalui jalan tol menuju arah Timur, Barat dan Selatan.

Dwimawan Heru, selaku Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga mengungkapkan, hal itu terjadi selama periode H-7 sampai dengan H-4 jelang lebaran 2020.

Jika diuraikan, distribusi lalu lintas dari ketiga arah tersebut didominasi oleh pengguna jalan tol yang menuju arah Timur, kemudian Barat dan Selatan.

Hendak Mudik, Ribuan Kendaraan Disuruh Putar Balik oleh Polisi dan Jasa Marga di Tol Jakarta Cikampek 

"Untuk distribusi lalu lintas di ketiga arah adalah sebesar 40 persen dari arah Timur, 35 persen dari arah Barat dan 25 persen dari arah Selatan," papar Heru melalui siaran resmi Jasa Marga, Kamis (21/5/2020).

Heru menjelaskan, kendaraan yang meninggalkan Jakarta menuju arah Timur merupakan kontribusi lalin dari dua Gerbang Tol (GT) pengganti GT Cikarang Utama.

Tepatnnya GT Cikampek Utama untuk pengguna jalan menuju Jalan Tol Trans Jawa dengan jumlah 68.316 kendaraan, dan GT Kalihurip Utama yang menuju tol Cipularang-Padaleunyi sebanyak 53.292 kendaraan.

Ilustrasi. Antrean di Gerbang tol Kalihurip Utama 2
Ivan Casagrande Momot
Ilustrasi. Antrean di Gerbang tol Kalihurip Utama 2

"Total kendaraan yang melintas menuju arah Timur adalah sebanyak 121.608 kendaraan, turun sebesar 73 persen dari Lebaran tahun 2019," tutur Heru lagi.

Lalu untuk kendaraan yang meninggalkan Jakarta menuju arah Barat melalui GT Cikupa Jalan Tol Merak-Tangerang, pihaknya mencatat sebanyak 107.927 kendaraan.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa