Cukup Vital! Ini Peran Penting Filter Solar di Mobil Mesin Diesel

Radityo Herdianto - Rabu, 27 Mei 2020 | 10:00 WIB
Filter Solar Genuine Parts Mitsubishi Pajero Sport Dakar
Radityo Herdianto
Filter Solar Genuine Parts Mitsubishi Pajero Sport Dakar

GridOto.com - Popularitasnya yang cukup tinggi, keberadaan mobil SUV dengan mesin diesel cukup banyak ditemukan di Indonesia.

Bagi pengguna mobil diesel pasti sudah tidak asing dengan komponen bernama filter bahan bakar diesel yang kerap diganti saat perawatan servis rutin.

Filter bahan bakar diesel yang sering disebut filter solar ini ternyata punya peran yang cukup penting untuk mesin diesel.

"Filter solar bekerja untuk menyaring kotoran yang larut bersamaan dengan bahan bakar sehingga menjadi bersih sebelum masuk ke ruang bakar mesin," terang Apin, pemilik bengkel spesialis Pelita Motor Mitsubishi kepada GridOto.com (4/4).

Lanjut Apin, terutama untuk mesin diesel common rail yang cukup sensitif terhadap kualitas bahan bakar karena pengabutan bahan bakar menggunakan injektor.

First Drive Toyota Fortuner VRZ TRD Sportivo. Mesinnya sama dengan Fortuner VRZ standar
Nugie/otomotifnet
First Drive Toyota Fortuner VRZ TRD Sportivo. Mesinnya sama dengan Fortuner VRZ standar

Baca Juga: Apa Benar Bahan Carbon Fiber Bisa Menahan Suhu Panas? Ini Faktanya

"Di sisi lain bahan bakar diesel itu cenderung berair dan memiliki kandungan sulfur yang tinggi, jadi partikel kotorannya cukup banyak," tutur Apin.

Bagian dalam filter solar terdapat saringan yang terbuat dari kertas dengan anyaman seperti sarang lebah untuk menyaring endapan kotoran dari kandungan sulfur yang tinggi.

"Material kertas ini juga berfungsi untuk menyerap kandungan air yang larut bersamaan dengan bahan bakar supaya tidak masuk ke ruang bakar," jelas Apin.

Jika filter solar tidak berfungsi dengan baik, baik fuel pump atau celah common rail dan lubang injektor yang kecil rentan tersumbat.

"Bisa juga ada air dari bahan bakar diesel kualitas rendah yang tersaring dan lolos masuk ke ruang bakar, kalau ikut terkompresi bisa bikin mesin jebol karena water hammer," tegas Apin.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Dwi Wahyu R.

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa