Mesin Toyota Agya Baru Harus Pakai Spek Oli Encer, Ini Alasannya

Radityo Herdianto - Selasa, 26 Mei 2020 | 13:00 WIB
Toyota Agya facelift 2020.
Istimewa.
Toyota Agya facelift 2020.

GridOto.com - Bagi pengguna Toyota Agya baru, penting untuk menjaga kesehatan mesin dengan selalu melakukan penggantian oli secara rutin.

Spek oli mesin yang digunakan Toyota Agya baru ini ada dua macam, yakni SAE 0W-20 dan SAE 5W-30 yang keduanya full synthetic.

Bila dilihat angka viskositasnya yang rendah, mesin Toyota Agya baru ini memerlukan karakter oli dengan tingkat kekentalan yang encer.

"Karena mobil ini punya karakter mesin dengan konstruksi celah antar komponen yang sangat tipis," buka Dhaniar, Technical Leader Auto2000 Permata Hijau, Jakarta Selatan kepada GridOto.com.

Lanjut Dhaniar, tipisnya celah antar komponen membuat jalur sirkulasi oli di dalam mesin juga semakin kecil.

Mesin Toyota Agya 1.200 cc 4 Silinder Dual VVT-i
Radityo Herdianto / GridOto.com
Mesin Toyota Agya 1.200 cc 4 Silinder Dual VVT-i

Baca Juga: Apa Benar Bahan Carbon Fiber Bisa Menahan Suhu Panas? Ini Faktanya

"Oli encer diperlukan supaya molekul oli dengan mudah bisa masuk dan melumasi ke bagian celah yang tipis saat mesin bekerja," terang Dhaniar.

"Selain itu Agya sudah dilengkapi dengan katup variabel VVTi untuk mesin 1.000 cc dan dual VVTi di mesin 1.200 cc," ujar Dhaniar.

Menurut Dhaniar, teknologi ini membuat konstruksi komponen di dalam mesin semakin kompleks, dimana akan semakin banyak celah atau area terpencil yang tetap memerlukan pelumasan.

Dhaniar mencontohkan seperti akutator katup variabel dan camshaft yang memerlukan sirkulasi oli secara cepat saat bekerja, oli encer lebih cepat naik melumasi.

"Bukaan camshaft akan terjaga ritme-nya sesuai dengan daya lubrikasi oli sehingga timing pembakaran tetap terjaga," tutup Dhaniar.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Dwi Wahyu R.

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa