Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasang Roof Spoiler Carbon Sendiri di Rumah, Mudah Tapi Jangan Asal

Radityo Herdianto - Rabu, 20 Mei 2020 | 13:00 WIB
Ilustrasi. Rear upper spoiler pun berlapis karbon
Ilustrasi. Rear upper spoiler pun berlapis karbon

GridOto.com - Bagi sebagian pemilik mobil, absennya kehadiran roof spoiler membuat bagian belakang mobil jadi terlihat 'botak' atau 'gundul'.

Modifikasi pemasangan roof spoiler menjadi alternatif jika tidak disediakan pabrikan, mulai dari bahan fiber, plastik ABS, atau spoiler carbon fiber yang sering dianggap menjadi 'kasta tertinggi'.

Tanpa harus ke bengkel di masa PSBB ini, Anda bisa pasang roof spoiler carbon fiber sendiri di rumah, tetapi harus memerhatikan detail berikut.

"Pemasangan roof spoiler harus menggunakan kombinasi perekat double tape khusus kendaraan dengan sealant supaya lebih kuat," jelas Christopher Nicholas, pemilik workshop Prestige Carbon kepada GridOto.com.

Lanjut Christoper, Mengingat bagian roof spoiler menjadi area yang mendapat beban saat mobil melaju karena tekanan dari aliran udara dan angin meski spoiler carbon fiber cenderung lebih enteng daripada bahan lain.

Detail Panel Roof Spoiler Prestige Carbon
Istimewa
Detail Panel Roof Spoiler Prestige Carbon

Baca Juga: Interior Tampil Keren Pasang Panel Carbon, Ini yang Harus Diperhatikan

"Double tape dipasang di area bodi mobil dan permukaan bawah spoiler yang rata supaya bagian double tape merekat rata," terang Christopher.

Sebelum menempelkan double tape, pastikan permukaan sudah harus bersih untuk menghindari kotoran yang membuat celah dan mengurangi daya rekat double tape.

Tidak selamanya permukaan bodi dengan spoiler bisa rata menempel, biasanya ada lekukan yang membuat celah dan mengurangi area perekatan.

Disinilah fungsi sealant yang berupa cairan elastis yang bisa mengeras untuk mengisi celah dan memperluas area kontak yang menempel.

"Pakai sealant bisa per titik atau segaris sampai celah cukup tertutup, kalau terlalu banyak malah detail spoiler jadi tidak terlihat," ujar Christopher.

Editor : Dwi Wahyu R.

Kalian Tahu Enggak? Ternyata Ban Motor Ini Cuma Dijual di Planet Ban

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa