Mengenang Maria Teresa de Filippis, Pembalap Wanita Pertama dalam Sejarah F1

Laili Rizqiani - Selasa, 19 Mei 2020 | 16:25 WIB
Maria Teresa de Pilippis, pembalap wanita pertama dalam sejarah F1
Influx.co.uk
Maria Teresa de Pilippis, pembalap wanita pertama dalam sejarah F1

GridOto.com - Maria Teresa de Filippis, merupakan pembalap wanita pertama yang berhasil menyelesaikan lintasan balap F1, meski tidak menorehkan gelar juara tapi namanya menjadi salah satu yang layak dikenang dalam sejarah balap mobil  ini.

Maria lahir dan dibesarkan di Naples, Italia bersama dengan dua saudaranya.

Di masa mudanya, ia tertarik dengan mengendara kuda dan sama sekali tidak menunjukkan minat pada mobil meskipun ayahnya adalah seorang insinyur otomotif saat itu.

Namun semuanya berubah pada tahun 1948, kedua saudara laki-lakinya, Giuseppe dan Antonio mengatakan bahwa Maria akan selalu kalah cepat karena ia seorang wanita.

Baca Juga: Kisah Alisha Abdullah, Wanita Pertama yang Jadi Juara di Dunia Balap India

Ingin mematahkan anggapan saudaranya, Maria mulai berlatih di jalan-jalan Italia yang yang sempit dan berliku-liku di sepanjang pantai Amalfi, tidak jauh dari kota kelahirannya.

Maria memulai debut balap mobilnya pada usia 22 tahun dengan mengikuti the Salerno-Cava dei Tirreni, dengan mengendarai Fiat 500 dan berhasil menduduki posisi kedua.

Sejak saat itu, ia mulai mengikuti beragam ajang balap dengan kendaraan berkapasitas lebih besar seperti Lancia Aprilia, Fiat 1100 Sport, Urania 750, Giaur, Osca 1100, dan Osca MT4.

Perjalanan Maria untuk sampai ajang bergengsi F1 tidaklah mudah. Ia mengalami dua kecelakaan besar pada tahun 1955 di Mugello yang membuatnya hampir meninggal dan setahun setelahnya, dalam balap 1000 km di Buenos Aires yang membuatnya patah lengan.

Baca Juga: Kenalan Sama Giti Angels, Tim Balap Yang Semua Anggotanya Wanita

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Eka Budhiansyah
Sumber : thenewyorktimes.com,formula1.com,Influx.co.uk,Salracing.com

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa