Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sering Dianggap Sebelah Mata, Wanita Bisa Berkendara Lebih Aman Lho

Radityo Herdianto - Rabu, 22 April 2020 | 16:00 WIB
Ilustrasi. Wanita Mengemudi Mobil
drivemag.com
Ilustrasi. Wanita Mengemudi Mobil

GridOto.com - Salah satu bentuk emansipasi wanita yang nyata terjadi sekarang ini adalah hak wanita untuk berkendara secara mandiri.

Meski sering dianggap sebelah mata, pengemudi wanita malah bisa punya gaya berkendara yang lebih aman di jalan lho, Sob.

"Area sudut pandang atau peripheral vision wanita yang pendek membuat kurang fokus dan lemah mengantisipasi kejadian dalam waktu yang cepat," buka Adrianto Sugiarto Wiyono, Dosen Transportasi Politeknik APP Jakarta juga sebagai Senior Instructor Indonesia Defensive Driving Centre (IDDC) kepada GridOto.com.

Kondisi ini malah membuat kaum hawa cenderung 'menjadi cari aman' saat mengemudikan mobil sehingga bisa lebih berhati-hati dalam berkendara.

Wanita bisa menjaga kecepatan aman karena sadar kemampuan fokus jarak jauhnya kurang, juga minim melakukan manuver berbahaya karena adrenalin tidak mudah terpacu.

Land Rover Defender project KAHN garapan cewek asal Bandung
Rianto Prasetyo
Land Rover Defender project KAHN garapan cewek asal Bandung

Baca Juga: Ingin Cuci Mesin Mobil Sendiri di Rumah? Wajib Lakukan Ritual Ini Dulu

"Selain itu wanita punya sifat multitasking, bila dilakukan dalam hal positif saat berkendara malah bisa jadi lebih aware," tekan Adrianto.

Adrianto mencontohkan, wanita bisa lebih mudah untuk mengatur kaca spion saat mengemudi sambil melihat panel instrumen untuk tetap menjaga kecepatan, atau melihat kaca spion kiri-kanan dan tengah di waktu bersamaan.

"Meskipun peripheral vision wanita pendek, tapi luas area nya lebar sehingga mendukung fokus multitaskingnya dan lebih peka terhadap sekitar," ujar Adrianto.

Kelebihan inilah yang membuat wanita cenderung bisa mengantisipasi suatu kejadian di sekitar sampai di sisi samping kiri-kanan mobil tanpa harus mengalihkan perhatian ke depannya.

"Dalam soal parkir justru wanita bisa parkir lebih rapi dari pria, bisa mengatur kondisi aman karena peka terhadap kiri-kanan mobil," terang Adrianto.

Editor : Dwi Wahyu R.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa