Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cuci Sendiri Kolong Mobil Matik di Rumah, Hati-hati dengan Bagian Ini

Radityo Herdianto - Senin, 20 April 2020 | 11:00 WIB
Ilustrasi bagian kolong mobil
Dylan Andika/GridOto.com
Ilustrasi bagian kolong mobil

GridOto.com - Aktivitas lain yang bisa Anda lakukan selama Work From Home (WFH) adalah cuci mobil agar tetap bersih meski jarang dipakai.

Tidak hanya bagian bodi mobil, Anda juga bisa cuci kolong mobil yang kerap jarang dijangkau sehingga eksterior bisa bersih secara menyeluruh.

Bagi pengguna mobil matik, harap hati-hati terhadap satu bagian ketika sedang cuci kolong mobil.

"Jangan semprot pakai air tekanan tinggi langsung ke area girboks transmisi otomatis," tekan Hermas Efendi Prabowo, pemilik bengkel spesialis Worner Matic kepada GridOto.com.

Girboks transmisi otomatis memiliki beberapa komponen elektrikal sebagai fungsi kerja utama transmisi secara komputerisasi seperti jalur kabel atau modul transmisi.

Ilustrasi Modul Transmisi Matik
www.pacificmotors.com
Ilustrasi Modul Transmisi Matik

Baca Juga: Pelek Nissan GT-R R35 Sudah Mumpuni, Upgrade Pelek Apa yang Cocok?

Jika disemprot langsung ke arah girboks, dikhawatirkan tekanan air tinggi tersebut bisa menghantam komponen elektrikal transmisi otomatis.

"Memang sudah dirancang waterproof karena sudah dilapisi sil karet khusus, tapi sifatnya lebih tahan air saat terendam atau basah karena cipratan air," terang Hermas.

Lanjut Hermas, tekanan air tinggi memiliki sifat mengikis yang bagus untuk merontokkan kotoran, namun bisa merusak sil karet atau jalur kabel karena berusaha merobek atau mendorong masuk ke celah-celah kecil.

Air merupakan musuh utama komponen elektrikal, bisa sampai rembes terkena air tentu bisa terjadi korsleting dan membuat transmisi gagal berfungsi.

"Kalau mau cuci kolong mobil matik cukup pakai air tekanan rendah atau semprotan air tekanan dijauhkan jaraknya pada area girboks, lalu bisa pakai sabun deterjen supaya kotoran mudah rontok," ujar Hermas.

Editor : Dwi Wahyu R.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa